SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Metode Examples non Examples dalam Pembelajaran Bahasa Jerman di Kelas XI-IS4 SMA Negeri 7 Malang

Rayi Pamungkas Setyowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyowati, Rayi Pamungkas. 2011. Implementasi Metode Examples non Examples dalam Pembelajaran Bahasa Jerman di Kelas XI-IS4 SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Sri Prameswari Indriwardhani, M.Pd, Pembimbing (II): Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A.

 

Kata kunci: metode Examples non Examples, keterampilan menulis

Menulis dengan bahasa Jerman merupakan hal yang tidak mudah, terlebih bagi pembelajar pemula seperti siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang, yang hanya mendapatkan mata pelajaran bahasa Jerman satu kali dalam satu minggu. SMA Negeri 7 Malang memiliki jumlah siswa yang cukup banyak, selain itu metode pembelajaran keterampilan menulis kurang bervariasi. Oleh karena itu pencapaian keterampilan menulis di SMA Negeri 7 Malang tercapai dengan baik jika dilihat dari perolehan nilai siswa, sebaliknya tidak demikian jika dilihat pada saat proses pembelajaran. Agar pencapaian keterampilan menulis tersebut berhasil dengan maksimal, metode yang menurut peneliti sesuai adalah metode Examples non Examples.

Pembelajaran dengan metode Examples non Examples melibatkan siswa untuk menemukan sendiri konsep menulis, seperti ortografi dan struktur yang sedang dipelajari, dari beberapa contoh. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi metode Examples non Examples dalam pembelajaran bahasa Jerman di kelas XI-IS4 SMA Negeri 7 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi dan kuesioner, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Observasi digunakan untuk mengetahui kejadian selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan tanggapan dan pendapat siswa tentang metode Examples non Examples. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas XI-IS4 SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2010/ 2011 yang berjumlah 27 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Examples non Examples merupakan metode yang efektif digunakan dalam pembelajaran menulis bahasa Jerman. Siswa mampu menemukan dan mengidentifikasi konsep menulis, seperti ortografi dan struktur baru. Implementasi metode ini membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan pada guru mata pelajaran bahasa Jerman untuk menggunakan metode Examples non Examples sebagai salah satu metode alternatif dalam pembelajaran menulis bahasa Jerman.