SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

CODE SWITCHING USED BY THE HOST OF "ALA CHEF"

Hendrix Mey Chrismawanto

Abstrak


ABSTRAK

Chrismawanto, Hendrix Mey. 2010. Code Switching yang digunakan oleh Presenter “Ala Chef”. S-1 Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Aulia Apriana, S.S., M.Pd

Kata Kunci: code switching dan ala chef

 Skripsi ini bertujuan untuk meneliti code switching yang digunakan oleh presenter “Ala Chef”. “Ala Chef” adalah sebuah nama program memasak pada televisi yang disiarkan di saluran Transtv, pada pukul 10.00 am - 10.30 am, pada hari sabtu dan minggu. Pokok bahasan pada skripsi ini adalah mengidentifikasi tipe dari code switching yang digunakan oleh presenter “Ala Chef”. Kemudian alasan dari code switching akan ditampilkan pada pembahasan tipe dari code switching.

 Bentuk skripsi merupakan kwalitatif deskriptif dan subyek skripsi ini adalah presenter “Ala Chef”, Farah Quinn. Data pada skripsi ini dalam bentuk rekaman ucapan yang tertulis ketika presenter membawakan acaranya dari tanggal 14 februari, 2010 hingga 7 maret, 2010. Penulis mengumpulkan 308 data yang mengandung code switching. Pengumpulan data melalui perekaman acara “Ala Chef”, pemindahan rekaman ke komputer dan penulisan ucapan yang terekam, pengenalan dan penandaan ucapan yang mengandung code switching Bahasa Indonesia-Bahasa inggris.

Pembawa acara “Ala Chef” adalah Farah Quinn. Nama lengkapnya adalah Farah Fauzan Quinn. Dia lahir di Bandung pada tanggal 8 April 1980. Karirnya meliputi: (1) Pembawa acara “Ala Chef” sejak November 2008, (2) Membangun restoran di Camus tahun 2005, (3) Koki di Lydia’s Pittsburgh, Pennsylvania, (4) Ahli roti di Arizona Biltmore Resort, Phoniex, Arizona, and (5) Koki pada G-8 Summit di Sea Island, Georgia, 2005.

Hasilnya menunjukkan bahwa ada tiga tipe yang digunakan oleh presenter “Ala Chef”, yaitu intra-sentential, inter-sentential, dan making emblematic. Intrasentential merupakan frekwensi tertinggi yang terjadi karena presenter “Ala Chef” sering melakukan code switching dalam satu kalimat. Karena Farah Quinn telah lama belajar di Amerika, maka sangat mudah baginya untuk mengganti bahasa Indonesia dan bahasa inggris.

Sebagai penutup, penulis menganjurkan bahwa mahasiswa sociolinguistic dapat secara kritis menganalisa bahasa switching yang terjadi di televisi. Juga dianjurkan bahwa hasil dari skrispi ini dapat digunakan sebagai referensi untuk peneliti selanjutnya pada penelitian dan perluasan fenomena code switching di acara televisi.