SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

THE USE OF EMOTICONS ON TWITCH.TV ON DEFENSE OF THE ANCIENTS 2 (DOTA 2) PROFESSIONAL PLAYERS’ CHANNEL

M Habibi Rahman Hakim

Abstrak


KESIMPULAN

 

Hakim, M.H.R, 2019. The Use of Emoticons on Twitch.tv on Defense of The Ancients 2 (DOTA 2) Professional Players’ Channel. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Maria Hidayati, S.S., M.Pd., dan Pembimbing: (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A.

 

Kata Kunci: Emoticon, menyampaikan emosi pada layanan pesan instan

Para pengguna pesan instan atau komunikasi berbasis komputer dimana mereka menggunakan teks sebagai alat komunikasi utama, emoticon dianggap sebagai alat yang sangat membantu. Penggunaan emoticon pada layanan pesan instan memegang peran penting yang dapat bertindak sebagai isyarat non-verbal seperti saat kita berkomunikasi langsung secara tatap muka.

Penelitian ini membahas penggunaan emoticon di Twitch.tv sebagai salah satu layanan pesan instan paling populer. Pendekatan deskriptif kualitatif dipilih oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini. Peneliti sebagai instrumen utama memerlukan smartphone dan laptop sebagai instrumen pendukung. Berbagai pesan teks dari interaksi penonton dalam beberapa channel pemain professional Dota 2 menjadi sumber data utama selama terdapat penggunaan emoticon dalam pesan mereka untuk dianalisis. Peneliti mengumpulkan 45 sampel pesan dengan penggunaan emoticon di dalamnya dari April 2017 sampai Juli 2017. Para pengguna menggunakan emoticon dalam pesan untuk berbagai tujuan seperti teori yang disampaikan oleh Dressner dan Herring. Yang pertama adalah untuk menyampaikan emosi seperti senang, kagum, marah, dan lain-lain. Kedua, untuk menggunakan bentuk emoticon seperti memiringkan kepala, tertawa terbahak-bahak, dan lain-lain untuk menirukan apa yang telah ditulis oleh pemilik channel. Yang ketiga untuk memberikan makna non-emosional sebagai indikator ilokusi. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dominan dalam penggunaan emoticon.

Temuan menunjukkan kegunaan emotikon. Sebagian besar pengguna mengggunakan emoticon untuk menyampaikan emosi mereka kepada penerima. Penggunaan emoticon juga memperkaya konteks pesan dalam prosesnya menjadi lebih nyata. Temuan juga menunjukkan fungsi, konteks dan pola emotikon antar channel ataupun secara umum.

Kesimpulannya, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan emoticon dalam Twitch.tv sebagian besar adalah untuk menunjukkan emosi pengirim terhadap penerima. Saran yang dapat diberikan penulis untuk penelitian di masa depan adalah menyelidiki penggunaan emoticon ini merupakan fenomena bahasa sesaat atau akan tetap hidup seiring waktu berlalu. Pembahasan tentang perubahan pola terkait penggunaan emotikon juga merupakan topik yang kuat untuk dibahas di masa depan. Ada kemungkinan bahwa tren penggunaan emoticon ini akan berubah atau terhapus di masa depan.