SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

The Characteristics Of Persuasion In the Utterances of Singers in Advertising their New Songs

HAZISYAH ALIFIA NUR

Abstrak


SUMMARY

Hazisyah, Alifia Nur. 2019. The Deployment of Persuasive Techniques in the Utterances of Singers in Advertising Their New Songs. Thesis, English Language and Literature, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang, Malang. Advisors: (1) Dr. Johannes Ananto Prayogo, M.Pd., M.Ed., (2) Hasti Rahmaningtyas, S.Pd., M.A.

Keywords: persuasion, persuasive techniques, singers’ interviews

Advertising is a crucial feature for a business as a whole. With its use of persuasive techniques, advertising can be operated much better in reaching goals. This research was conducted to examine the persuasive techniques used by singers in advertising their new songs in radio interviews. This research focused on the persuasive techniques and the way the techniques were applied. Persuasion itself is an attempt of one particular party to affect another’s behavior, feelings or intentions.

This research used descriptive qualitative method since the study is intended to investigate the speech of the singers. Data were collected from the official YouTube channels of the radio program. Collected data were transcribed and analyzed with the use of the theories that are proposed by Keraf (2004) and Aristotle (1954). Keraf (2004) claimed that there are seven techniques of persuasion which are rationalization, identification, hypnotic, conformity, projection, compensation and displacement, meanwhile for the ways of persuasion, Aristotle proposed three ways namely Logos, Ethos and Pathos.

The results show that out of seven techniques, only three techniques were employed which are rationalization, hypnotic, and conformity. The most frequentlyused is the hypnotic. Furthermore, ways Justin Bieber and Taylor Swift persuade the listeners are by using Logos, Ethos and Pathos that were proposed by Aristotle.

It is suggested for the language users to broaden their knowledge regarding the characteristics and the application of persuasive. It is also advisable for the future researchers to conduct a paper in another field of persuasion that has yet to be touched such as Vlog advertising.

 

RINGKASAN

Hazisyah, Alifia Nur. 2019. Penggunaan Teknik Persuasi oleh Penyanyi dalam Memperkenalkan Lagu Terbaru. Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Malang. Pembimbing: (1) Dr. Johannes Ananto Prayogo, M.Pd., M.Ed., (2) Hasti Rahmaningtyas, S.Pd., M.A.

Keywords: persuasi, teknik persuasif, iklan

Iklan mempunyai peran yang sangat besar dalam dunia bisnis. Penggunaan teknik persuasif pun sangat penting guna mencapai tujuan sebuah iklan di media. Penelitian ini bertujuan untuk membahas teknik persuasif yang digunakan oleh penyanyi dalam memperkenalkan lagu-lagu terbaru mereka dalam sebuah wawancara radio. Penelitian ini berfokus pada karakteristik dari kalimat persuasif dan cara penerapan oleh sang penyanyi. Persuasi itu sendiri merupakan sebuah upaya salah satu pihak untuk mempengaruhi perilaku, perasaan, ataupun niat pihak lain.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari akun YouTube resmi program radio Ryan Reacrest. Data yang terkumpul kemudian ditranskripsi dan dianalisis dengan menggunakan metode milik Keraf (2004) dan Aristoteles (1954). Keraf (2004) mengungkapkan bahwa ada tujuh teknik persuasif yaitu rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, substitusi, dan proyeksi, sedangkan untuk cara persuasi, Aristoteles (1954) mengusulkan tiga cara persuasi yaitu Logos, Ethos dan Pathos.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tujuh teknik persuasif, hanya tiga teknik yang digunakan oleh sang penyanyi yaitu rasionalisasi, hipnotis, dan konformitas. Teknik persuasif yang paling sering digunakan adalah teknik hipnotis. Selain itu, dapat juga ditemukan tiga cara persuasi yang diusulkan oleh Aristoteles (1954) pada ungkapan penyanyi yang merupakan Logos, Ethos dan Pathos.

Penulis menyarankan pengguna bahasa untuk menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam memperluas wawasan tentang karakteristik dalam kalimat persuasi dan penerapannya. Begitu pula kepada para peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut di bidang persuasi lain seperti pengiklanan pada Vlog di YouTube.