SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Cohesive Device Errors in Indonesian EFL Students' Writing

Meyga Agustia Nindya

Abstrak


Abstract

The study attempts to investigate the occurence of cohesive devices errors found in Indonesian students’ writing and find out possible causes that contribute to the errors. This study employs a corpus-based study approach, analyzing twenty argumentative essays. The error descriptions cover misuse, omission, and unnecessary addition. The results reveal that from 2380 cohesive devices, 750 of them perform error. The most frequent errors are on the use of reference and followed by conjunction. The study concludes that most of the errors are caused by intralingual transfer. Recomendations are also given as pedagogical implications of this study.

Keywords: cohesive devices, error analysis, argumentative essays

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kesilapan perangkat kohesif yang terdapat pada teks mahasiswa Indonesia serta mencari tahu kemungkinan yang menjadi penyebab eror. Penelitian ini menggunakan pendekatan korpus yang menganalisis 20 esai argumentatif. Penjabaran kesilapan meliputi penyalahgunaan, penghilangan, dan tambahan yang tidak diperlukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 2380 perangkat kohesif, 175 diantaranya dinyatakan salah. Kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah penggunaan referansi dan diikuti oleh konjungsi. Penelitian menyimpulkan bahwa penyebab kesalahan paling utama adalah peralihan intra-bahasa . Saran-saran juga disajikan sebagai implikasi pedagogis dari penelitian ini.

Kata kunci: perangkat kohesif, analisis kesilapan, esai argumentatif