SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Incongruence Between Captions and Photos in Instagram

Kinasih Diajeng Sastri

Abstrak


SUMMARY

Kinasih, Diajeng Sastri. 2018. Incongruence Between Captions and Photos in Instagram. Sarjana’s Thesis. Department of English. Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors: (1) Aulia Apriana, S.S., M.Pd., (2) Maria Hidayati, S.S., M.Pd.

Keywords: Implicature, Implicit Meaning, Caption, Instagram

The number of incongruences between captions and Instagram photos create implicit meanings to the readers. This phenomenon stimulated the researcher to do research regarding implicit meaning. This study aimed to know

(1) the types of the implicature of the Instagram captions, and

(2) the implicit meaning of the Instagram caption.

The design of this study is descriptive qualitative. The data were from the uploaded postings of Instagram users in their personal accounts regardless business acconts. The data also came from two sides of the Instagram users, which are people in general and celebrity. This study gathered 54 data from three phases in order to find all variations represented.

From the data analysis, there were 28 data containing particularized implicature (PI), 8 data containing generalized implicature (GI), 5 data containing both implicature (GPI), and 13 data have no implicature available. Based on the findings, known that particularized implicature are normally found in partially and not related caption among its photo. This finding also proved that a caption possibly contains two types of implicature.

Another conclusion that can be drawn from the analysis is that there are eight categories of the possible implicit meanings according to the caption’s purposes, those are: Identical branding (28), satisfying the object (7), showing an expression (9), showing an expectation (5), saving face (3), opening a secret (3), and hurting someone (3). From this finding, it can be interpreted that people can share more than one implicit meaning in a caption. While several people tend to deliver their message explicitly.

This research is beneficial for the English students and future researchers because it gives an overview of the implementation of implicature in daily life. This study is also beneficial for the Instagram users to give the knowledge of possible implied meaning of the caption arrangement, so then people can pay more attention in forming a caption or postings in social media.

RINGKASAN

Kinasih, Diajeng Sastri. 2018. Ketidaksesuaian antara Caption dan Foto di Instagram. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris.Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Aulia Apriana, S.S., M.Pd., (2) Maria Hidayati, S.S., M.Pd.

Kata kunci: Implikatur, Makna implisit, Caption, Instagram

Banyaknya jumlah caption di Instagram yang tidak memiliki kaitan dengan foto yang diunggah di Instagram memunculkan berbagai asumsi pembaca. Fenomena tersebut menjadi hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui

(1) jenis implikatur yang terkandung dalam caption Instagram,

(2) makna implisit yang terkandung dalam caption Instagram.

Desain penelitian ini ialah deskripstif kualitatif. Data dijaring dari unggahan dari akun Instagram personal yang mana caption tidak bermuatan bisnis. Data juga diambil dari dua sisi pengguna Instagram, yaitu melalui pengguna Instagram pada umumnya, dan selebritis. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan 54 data yang didapatkan dari tiga fase, dengan tujuan mendapatkan semua temuan yang ada di Instagram.

Dari data analisis, didapatkan dua kesimpulan terkait jenis implikatur dan makna implisit. 28 data ditemukan mengandung implikatur khusus (PI), 8 data mengandung implikatur umum (GI), 5 data mengandung implikatur khusus dan implikatur umum, dan 13 data tidak mengandung implikatur apapun. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa implikatur khusus banyak ditemui pada caption yang tidak ada atau sedikit kaitannya dengan foto yang diunggah. Hasil analisis juga membuktikan bahwa satu caption dapat mengandung dua jenis implikatur.

Kesimpulan lain yang dapat digambarkan ialah terdapat delapan kategori dari makna impisit berdasarkan dari tujuan-tujuannya, yakni: pembangunan citra (28), menyenangkan orang lain (7), menunjukkan ekspresi (9), menunjukkan harapan (5), menyelamatkan muka (3), membuka rahasia (3), menyakiti seseorang (3). Berdasarkan temuan tersebut dapat diinterpretasikan bahwa seseorang dapat memaparkan lebih dari satu tujuan dalam satu capion Instagram. Namun beberapa orang memilih untuk menyampaikan pesan secara eksplisit.

Penelitian ini bermanfaat bagi mahasiswa Sastra Inggris dan peneliti berikutnya karena penelitian ini memberikan sebuah gambara dari implementasi implikatur dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian inni juga bermanfaat bagi pengguna media social untuk memberikan pengetahuan mengenai makna implisit yang tersirat dari penyusunan caption Instagram, sehingga pengguna social media dapat lebih memperhatikan penyusunan caption ataupun penuturan lain di social media.