SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

strategi pembelajaran kooperatif 'roundtable' untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif pada siswa kelas tujuh SMPN 21 Malang

Erina Khumairoh

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan untuk membantu para siswa kelas VII di SMPN 21 Malang untuk memecahkan masalah dan meningkatkan keterampilan dalam  penulisan paragraf deskriptif. Ditinjau dari pra tes yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa hampir seluruh siswa belum bisa menulis paragraf deskriptif yang baik. Hal ini disebabkan karena para siswa merasa asing dengan bahasa Inggris. Selain itu, kurangnya motivasi juga menjadi suatu permasalahan bagi para siswa.

            Untuk memecahkan masalah tersebut, peneliti menggunakan strategi roundtable untuk meningkatkan kemampuan para siswa dalam menulis paragraf deskriptif. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan motivasi para siswa. Strategi roundtablemenuntut siswa menjadi interaktif. Setiap anggota dalam tim diharuskan untuk berpartisipasi secara aktif dan bekerjasama dalam tim. Dengan mengimplementasikan strategi roundtable, para siswa juga belajar mengenai bagaimana menyusun paragraph deskriptif yang baik.

            Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Peneliti berperan sebagai guru dalam penelitian ini. Penelitian ini diamati oleh tiga orang pengama. Subyek untuk penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas 7.8 di SMPN 21 Malang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang memuat dua pertemuan di setiap siklusnya.Data dari penelitian ini didapatkan dari hasil tes para siswa sebelum dan sesudah dilaksanakannya penelitian. Selain itu, data pendukung diperoleh dari interview, pengamatan, catatan peneliti, dan kuisioner.

            Kriteria kesuksesan dalam penelitian ini dicapai setelah melaksanakan penelitian selama 2 siklus. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai para siswa serta hasil analisis dari uji t-tes tamatan ulang. Hasil analisis mengenai preliminarydan post test1 menghasilkan t-hitung bernilai 7,655 yang lebih besar dari poin kritis 5% yaitu 2,042. Selain itu, hasil analisis antara post test 1 dan post test 2 menunjukkan t-hitung 7,084 lebih besar dari poin kritis 5% atau 2,042.

            Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi roundtable, secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif siswa. Akan tetapi, masih banyak hal yang harus diperbaiki dalam penelitian ini. Saran untuk para guru, akan lebih baik apabila guru memiliki strategi yang kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan motivasi dan minat para siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Untuk para peneliti yang akan melaksanakan penelitian serupa, sangat disarankan untuk mengatur kelas dengan baik, menerapkan aturan dengan tegas, dan menyusun strategi pembelajaran dengan baik sebelum mengimplementasikannya.