SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teaching Writing Strstegy in Eighth Graders at SMP Negeri 9 Malang.

Dhimas Onny Permadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Permadi, Dhimas Onny. 2017. Strategi Pengajaran Writing Pada Murid Kelas Delapan di SMP Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Enny Irawati, M. Pd, (II) Dra. Nunung Suryati, M. Ed., Ph.D.

 

Kata kunci: menulis, strategi, mengajar

Writing biasanya dianggap sebagai salah satu kemampuan berbahasa yang sangat susah dipelajari oleh peserta didik bahasa asing. Beberapa siswa menghadapi kesulitan untuk menulis karena mereka tidak tahu organisasi dari teks yang akan mereka tulis. Namun, belajar bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Selain itu strategi mengajar guru yang baik dapat mempengaruhi pemahaman siswa dalam belajar Writing.

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi apa yang digunakan oleh guru dalam mengajar peserta didik kelas delapan SMP Negeri 9 Malang untuk mempermudah peserta didik dalam belajar Writing. Data dikumpulkan dengan cara mengobservasi dan mewawancarai guru ketika guru tersebut mengajar peserta didik di kelas. Dalam mengobservasi strategi yang digunakan guru dalam mengajar writing, peneliti menggunakan Five Dynamic Stages Strategy yang dikemukakan oleh Hillock, 1986. Hasil dari penelitian ini dijelaskan secara deskriptif.

Berdasarkan data dari observasi, guru menggunakan strategi yang dikemukakan oleh Hillock. Guru menggunakan strategi itu dengan baik dan melaksanakan strategi tersebut sebesar 90%. Selain itu, guru menggunakan strategi lain untuk mendukung proses belajar dan mengajar. Strategi yang mendukung proses mengajar guru adalah Collaborative Learning yang di kemukakan oleh Bruffee, 1993. Strategi ini dapat menstimulasi diskusi antar peserta didik. Penggunaan strategi ini bisa membuat peserta didik untuk bekerja dalam kelompok.

Hasil dari penelitian, ditemukan bahwa guru menggunakan materi otentik untuk mengajar peserta didik. Guru menggunakan situasi yang benar-benar terjadi untuk membuat peserta didik merasakan proses pembelajaran. Selain itu, guru menggunakan media yang menarik untuk menarik perhatian peserta didik. Hasil dari wawancara, guru sering menggunakan power point sebagai media visual.

 

Berdasar dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru ini bagus. Guru dapat membuat siswa aktif di dalam kelas menggunakan strategi tersebut. Strategi guru ini bisa dijadikan model oleh guru Bahasa Inggris lainnya dalam mengajar writing.