SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Strategi Pembelajaran Kritis-Kreatif untuk Menulis Deskripsi

Dyan Wahyuning Praharwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Praharwati, Dyan Wahyuning. 2015. Pengembangan Strategi Pembelajaran Kritis-Kreatif untuk Menulis Teks Deskripsi. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd, (II) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran, berpikir kritis-kreatif, menulis, teks deskripsi

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan bahwa hasil pembelajaran menulis teks deskripsi kurang maksimal. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diketahui bahwa 45,83% tulisan peserta didik merupakan hasil duplikasi; 29,16% tulisan peserta didik mengarah pada teks laporan hasil observasi; dan hanya 25% tulisan peserta didik merupakan teks deskripsi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peserta didik kurang dapat berpikir kritis dan kreatif dalam mencari ide tulisan dan mengembangkannya menjadi sebuah teks deskripsi. Hal ini terjadi karena belum adanya perencanaan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan kritis dan kreatif untuk kompetensi menulis teks deskripsi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian pengembangan ini memiliki dua tujuan, yaitu untuk (1) menghasilkan strategi pembelajaran kritis-kreatif untuk menulis teks deskripsi yang layak dan (2) menguji keefektifan produk penelitian pengembangan berupa strategi pembelajaran kritis-kreatif untuk menulis teks deskripsi.

Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengikuti prosedur yang meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji validasi ahli dan praktisi, (5) revisi produk awal, (6) uji lapangan terbatas, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan terbatas, (8) uji keefektifan, (9) penyempurnaan produk akhir, serta (10) diseminasi. Prosedur ini sesuai dengan model penelitian pengembangan Dick, Carey, dan Carey. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa buku panduan strategi pembelajaran kritis-kreatif untuk menulis teks deskripsi. Strategi pembelajaran kritis-kreatif terdiri atas langkah (1) memilih ide yang baru dan bernilai, (2) membuat mind mapping, (3) menemukan informasi, (4) menyusun kerangka teks deskripsi, (5) menulis teks deskripsi, (6) membaca tulisan untuk menelaah dan merevisi, serta (7) menilai tulisan.

Produk yang dikembangkan diuji kelayakan dan keefektifannya. Uji kelayakan produk dilakukan dengan melakukan uji validasi ahli, uji validasi praktisi, dan uji lapangan terbatas. Uji kelayakan diperoleh rata-rata persentase kelayakan produk sebesar 88,99%. Uji keefektifan produk dilakukan dengan cara mencari jawaban atas hipotesis (ha) yang diajukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran menulis teks deskripsi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji keefektifan memperoleh nilai beda (t) sebesar 11,062 (positif) dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 (p< 0,05). Hasil uji keefektifan tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara hasil pembelajaran menulis teks deskripsi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan efektif dalam pembelajaran menulis teks deskripsi.

Saran pemanfaatan untuk produk ini yaitu kepada berbagai pihak yang meliputi pendidik, penulis buku, penyelenggara pelatihan, dan peneliti lanjut.  Pendidik Bahasa Indonesia kelas VII dan penyelenggara pelatihan dapat memanfaatkan produk ini sebagai salah satu perangkat pembelajaran pada materi menulis teks deskripsi. Penulis buku dan peneliti lanjut yang akan meneliti atau mengembangkan produk serupa diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai landasan untuk mengembangkan produk yang lebih baik dan inovatif. Produk yang telah dihasilkan dapat disebarluaskan dengan tiga cara, yaitu dengan melaporkan hasil penelitian pengembangan strategi kritis-kreatif dalam bentuk artikel yang dikirimkan ke jurnal supaya diperoleh respon positif dari pembaca atau peneliti lain, mencetak produk berupa buku panduan pembelajaran kritis-kreatif, dan menyerahkan produk kepada pendidik SMP mata pelajaran Bahasa Indonesia supaya produk ini dapat dikenalkan kepada peserta didik maupun pendidik yang lain. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu agar lebih memaksimalkan kegiatan pada tahap membuat mind mapping, kegiatan pada tahap menemukan informasi, kegiatan menulis teks deskripsi, penggunaan media, dan kegiatan berkelompok.

Praharwati, Dyan Wahyuning. 2015. The Development of Critical-Creative Learning Strategy to Writing Description Text. Thesis, Indonesian Language Education, Postgraduate of Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd, (II) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd.

 

Keywords: learning strategy, critical thinking, creative thinking, writing,  description text

Development research effected by the preliminary results is the learning outcomes of writing text description insufficient. Based on the preliminary results that was done by researcher, that 45,83% students writing the duplication text; 29,16% students writing the observation report text; and only 25% students writing the correct text description. These results indicated that students are less able to think critically and creatively in seeking ideas writing and develop it into a description text. This happens because the presence of planning the learning that can foster critical and creative ability to write text competence descriptions. Based on the foregoing, the research development has two aims are (1) generate a proper critical-creative learning strategies to write a description text and (2) effectiveness testing of development research product in the form of a critical-creative learning strategies for writing description text.

Development research was doby following the procedure are (1) preliminary study, (2) planning, (3) developinga product draft, (4) validation test by experts and practitioners, (5) revising product draft, (6) limited field test, (7) revising product by field test results, (8) effectiveness testing, (9) revising final product, and (10) dissemination. This procedure is according by Dick, Carey, and Careydevelopment research model. Development research resulted a product in form of handbook of critical-creative learning strategies for writing description text. Critical-creative learning strategies composed of steps (1) choosing the new and value ideas, (2) makinga mind mapping, (3) finding information, (4) making a description text framework, (5) writing a description text, (6) reading for reviewing and revising, and (7) assessing writing.

Developed product tested the feasibility and effectiveness. Feasibility test is done by doing a validation test by experts, practitioners, and limited field test. Feasibility test obtained an average percentage of product feasibility 88.99%. Effectiveness test of products done by looking for the answer to the hypothesis (ha) proposed that there is a significant and difference between the results of learning to write the text description of experimental and control group. The result of effectiveness test obtained the difference value (t) is 11.062 (positive) and the Sig (2-tailed) valueis 0.000 (p< 0.05). The results of effectiveness test indicates that there is a positive and significant differences between the results of learning to write the text description of experimental and control group. Thus, the product result in the development research indicated that the product qualifies as a viable and effective in learning to write text description.

 

Utilization suggestions of this product is to teacher, author, training providers, and advanced developer. Grade VII Indonesian language teacherand training providers can benefit from this product as one of the devices of learning material on writing description text. Book authors and advanced developerwho researching or developing similar products are expected to use the results of this research as a foundation for developing better and innovativeproducts. That product have been produced can be redistributed with the three ways, are reporting the results of research to critical-creative strategy development in the form of articles submitted to the journal so that gained positive response from readers or other researchers, print products guide book critical-creative learning, and submit products to Indonesian language teacher in junior high school so these products can be introduced to learners as well as other teachers. Advanced developercanmaximize the activities on making mind mapping step, finding information step, writing description text activity,learning media used, and group activities.