SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis konten relasi budaya terhadap buku bahasa inggris kelas X

silvia maghfirah

Abstrak


ABSTRAK

 

ABSTRAK Maghfirah, Silvia, 2017, An Analysis of The Culture-Related Content of The English Textbook For The Tenth Graders thesis, English Department faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Dr. Mirjam Anugerahwati, M.A., (II) Dr. Emilia Iragiliati, M.Pd. Keywords : culture, textbook analysis Pemerintah telah menerbitkan buku Bahasa inggris untuk sekolah menengah atas (SMA) sesuai dengan kurikulum 2013. Kompetensi inti di bidang social untuk tingkat SMA adalah untuk menjadikan siswa untuk act locally and think globally. Pernyataan tersebut telah mendorong peneliti untuk menganalisa buku tersebut berbasis tentang konten kebudayaan. Tujuan dari penelitian iini adalah untuk menganalisis Bahasa Inggris dan budi pekerti SMA/SMK/MA/MAK KELAS X perihal 1. Dimension of culture dan 2.categories of culture. Penelitian ini menggunakan metode peneliatian deskriptif kualitatif konten analisis.Dalam pengumpulan data, peneliti mengitu prosedur dengan sistematik. Yaitu (1) menggunakan teori dimension of culture dan categories of culture sebagai bagian dari instrument, (2) memvalidasi instrument, (3) mengevaluasi buku tersebut menggunakan instrument yang sudah di validasi, (4) menyampaikan hasil. Pengumpulan data tersebut menggunakan instrument dalam bentuk checklist. Dalam analisis data, setiap diemensi di bagi menjadi beberapa aspek dan setiap aspek berisi lima pertanyaan, lalu peneliti akan menjumlahkan total skor dari setiap aspek di bagi dengan jumlah skor dari semua dimensi. Kemudian, jumlahnya akan di kalikan 100% sebagai hasil kriteria dari setiap dimensi. Dari data yang telah dikumpulkan, ditemukan bahwa untuk product dikategorikan sebagai excellent 85%, practices dikategorikan sebagai good 70%,

perspectives dikategorikan sebagai good 75%, communities dikategorikan sebagai

fair 50% dan person dikategorikan sebagai fair 60%. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa buku tersebut mencakup dimension of culture dari berbagai negara, namun, content buku tersebut menunjukkan bahwa hamper semua dari content buku tersebut meliput content local culture dan target culture. Penelitian ini menemukan bahwa buku tersebut tidak di menyajikan penjelasan tentang konten kebudayaan yang tersedia. kesimpulannya, buku bahasa Inggris dan budi pekerti SMA/SMK/MA/MAK

KELAS X telah mencakup semua dimension of culture. Namun, content dari buku tersebut lebih condong dengan local culture dan target culture, mungkin akan lebih baik jika memuat konten kebudayaan dari berbagai negara agar siswa dapat mempelajari berbagai macam kebudayaan dari belahan dunia. Sebagai tambahan, menambahkan penjelasan tentang kebudayaan di dalam buku adalah sebuah ide yang bagus dari pada hanya menyebutkannya saja. Teruntuk peneliti selanjutnya boleh meneliti penelitian yang sama dengan menggunakan buku yang berbeda juga dengan tingkatan berbeda.