SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Worksheet Teks Procedure untuk Siswa Kelas Sebelas SMA Brawijaya Smart School Malang.

Farasa Fadana

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan worksheet teks Procedure untuk kelas sebelas SMA Brawijaya Smart School Malang, yang diberi nama How Can I Do It? worksheet. How Can I Do It? worksheet mengadopsi Contextual Teaching and Learning approach yang digunakan sebagai pendekatan pembelajaran teks Procedure pada Kompetensi Dasar 3.6, 4.9 dan 4.10 pada Kurikulum 2013 untuk kelas XI SMA. Aktivitas pembelajaran pada worksheet dibagi menjadi tiga tahapan pembelajaran, yaitu Pre-activity, Whilst-activity, dan Post-activity. Ada empat aktivititas inti yang berbeda dengan fokus pada kemampuan berbahasa yang berbeda pula yang ada pada Whilst-activity. Keempat aktivitas inti tersebut adalah (1) Observe & ask, please!, (2) Let’s communicate & create!, (3) Let’s explore & discuss it!, and (4) Give it a try!. Pre-activity menyajikan aktivitas warming up untuk siswa dan Post-activity menyajikan kegiatan meringkas dan refleksi.

Penelitian ini mengadaptasi desain Penelitian dan Pengembangan dari Borg & Gall (1989) dan Latief (2012). Ada lima langkah yang telah dimodifikasi yang digunakan pada penelitian ini, yaitu: (1) Need Analysis, (2) Product Development, (3) Theoretical Validation, (4) Empirical Validation, and (5) Final Product. Guna mengumpulkan data yang dibutuhkan pada Need Analysis, peneliti menggunakan Kuisioner siswa serta mewawancarai guru. Untuk mengumpulkan data yang berguna untuk memvalidasi produk dan melakukan revisi produk, peneliti menggunakan ceklis validasi. Lembar observasi peneliti dan kuisioner siswa digunakan untuk mengumpulkan data selama uji coba produk untuk mengetahui respon siswa serta untuk melakukan revisi akhir dari produk How Can I Do It? worksheet.

Ada lima revisi yang dilakukan pada produk “How Can I Do It?” worksheet, yaitu revisi pada nama produk, gambar yang ditambahkan pada worksheet, serta warna bagian-bagian worksheet seperti warna latar, judul aktivitas dan perintah pada aktivitias. Uji coba yang dilaksanakan pada hari Jumat, 2 September 2016 dengan subyek empat grup yang masing-masing grup terdiri dari tiga siswa. Data yang diperoleh dari lembar umpan balik siswa dan lembar observasi peneliti menunjukan bahwa aktivitasnya yang bervariasi pada “How Can I Do It?” worksheet mampu memotivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Menurut mereka, materi pada “How Can I Do It?” worksheet sangat fresh, dan mereka bisa mendapat pengetahuan baru, terutama tentang teks Procedure. Semua siswa yang menjadi subyek uji coba setuju bahwa “How Can I Do It?” worksheet membantu mereka memahami teks Procedure lebih dalam dengan mudah.

 

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa “How Can I Do It?” worksheet telah mampu memenuhi kebutuhan siswa kelas XI di SMA Brawijaya Smart School Malang akan worksheet yang bisa memberikan pengalaman belajar teks Procedure yang bervariasi. Beberapa langkah valid seperti product validation and product try-out telah menjadikan “How Can I Do It?” worksheet sebuah produk yang valid untuk mendukung pembelajaran teks Procedure. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan produk “How Can I Do It?” worksheet yang lebih baik, lebih menarik, serta lebih efektif untuk pembelajaran teks Procedure.