SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Menggunakan Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 10 di SMKN 1 Pogalan Trenggalek

Neysa Wardani

Abstrak


ABSTRAK

 

BelajarBahasaInggrissebagaiBahasaasingsangatpentinguntuksemuajenjangpendidikan di Indonesia padasaatini. DalammembantusiswamenguasaiBahasaInggris, guru harusmemberikancara yang bagus yang dapatmeningkatkanmotivasidankemampuansiswadalambelajarBahasaInggris. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibahwa Jigsaw technique benar-benarmeningkatkankemampuansiswadalammembacaatautidak.

Padastudipendahuluan yang dilaksanakan di kelas X AKUNTASI-2 SMKN 1 Pogalan, sayamenemukanbahwakemampuanmembacasiswarendah. Nilaimembacamerekarendah, merekatidakmemahamikosa kata, and tidakmenguasaitataBahasa. Disampingitu, merekakurangaktifdalam proses pembelajarankarena guru memegangpenuhkendalipada proses belajarmengajar di kelas.

Untukmengatasimasalahtersebut, sayamenggunakanteknik Jigsaw. StrategiinidipilihkarenahasilpenelitiansebelumnyaolehMengduo&Xiaoling (2010) memperlihatkanbahwastrategiinidapatmemotivasisiswauntukbelajarBahasaInggristerutamadalamberkomunikasimenggunakanBahasaInggris. Disampingitu, hasilpenelitiansebelumnya yang lain olehHusseini,Maleki, and Haeri (2014) menyatakanbahwasiswaadapatbelajardenganlingkungan yang mendukungdanmerekajugatidakmenjadisiswa yang pasif.

PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelasdimanasaya yang menerapkanstrategidan guru BahasaInggriskelas X AK-2 yang berperansebagaipengamatpenelitian. Penelitianinidilaksanakandalansatusiklus. Subyekdaripenelitianiniadalah 36 siswakelas X AK-2 SMKN 1 Pogalan. Data padapenelitianinidiperolehdarinilaitesmembacasiswa, danlembarobservasi yang diisioleh guru BahasaInggris.

Berdasarkanhasilpenelitian, itumenunjukkanbahwapelaksanaanteknik Jigsaw telahmemenuhikriteriakesuksesan di Siklus 1. Inikarena 88.9% atau 32 dari 36 siswamendapatkanlebihdarisepuluhpoinpeningkatanpadanilaitesakhirmembacamereka. Disampingitu, hasildarulembarobservasimenunjukkanbahwasiswaaktifdalampelaksanaanteknik Jigsaw, danmemberiumpanbalikpositifterhadappenggunaanteknik Jigsaw.

 

Penelitianinimenyarankanteknik Jigsaw sebagaistrategialternatifuntuk guru BahasaInggris yang menghadapipermasalahan yang samaterkaitkemampuanmembacasiswa. Guru disarankanuntukmemodifikasiaktifitasbelajardenganmelihatkondisikelasdanpermasalahan yang ada di kelas. Untukpeneliti yang akandatang, sayamenyarankanbahwapeneliti yang akandatangmenggunakanteknik Jigsaw untukmeningkatkanpemahamansiswadankemampuansiswapadatipeteks yang berbeda.