SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Improper Syntactic Aspects Found in the English Textbook of VII Graders of Junior High School

Fennia Nur Aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Aini, F.N. 2017.

Improper Syntactic Aspects Found in the English Textbook of VII Graders of

Junior High School.

Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Dr. Johannes A.Prayogo, M.Pd., M.Ed.; (II) Aulia Apriana

, S.S., M.Pd.

Kata kunci: buku cetak, aspek sintax yang tidak sesuai, kalimat bermasalah.

Di zaman sekarang, Bahasa Inggris sudah menjadi mata pelajaran yang wajib diajarkan di

sekolah. Untuk membantu pelajar muda lebih mengerti tentang Bahasa Inggris, m

enggunakan

buku cetak adalah satu dari banyak cara yang bisa digunakan oleh guru untuk meningkatkan

kompetensi pelajar muda dalam berbahasa Inggris. Sayangnya, tidak semua buku cetak dapat

dikatakan sebagai buku cetak yang bagus. Materi

materi yang ada di

dalam buku cetak tidak selalu

memenuhi standar di lingkungan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan

aspek

aspek sintax yang tidak sesuai dan juga menyajikan analisis tentang aspek

aspek tersebut.

Penemuan dari penelitian ini diambil un

tuk menunjukkan para pembaca tentang macam

macam

analisis sintaksis yang digunakan di buku cetak Bahasa Inggris. Penelitian ini juga diambil untuk

menjelaskan bagaimana penemuan

penemuan ini diselidiki. Penelitian ini diharapkan agar

berguna bagi para guru

, penulis buku, penerbit, dan peneliti selanjutnya.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti

mengambil data dari buku cetak Bahasa Inggris yang berjudul

When English Rings a Bell grade

level VII

yang diterbitka

n oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Data

data dari penelitian

ini diambil sebagian besar dari menganalisis buku cetak tersebut. Data tersebut terdiri dari data

kualitatif dalam bentuk deskripsi, analisis dari struktur kalimat, dan penjelasan tenta

ng bagaimana

kalimat

kalimat tersebut dibenarkan. Instrument utama dari penelitian ini adalah peneliti itu sendiri

dan instrument pendukungnya adalah komputer, catatan, dan akses internet.

Telah ditemukan lima jenis aspek sintax yang tidak sesuai di dala

m buku cetak tersebut:

syntactic ambiguity in phrase reference

(6 butir),

syntactic ambiguity in part of speech

(4 butir),

missing articles

(4 butir),

incorrect use of countable and uncountable noun

(1 butir), dan

syntactic

ambiguity in modifier scope

(1 b

utir). Untuk aspek

syntactic ambiguity in phrase reference

, frasa

pelengkap yang ada dalam kalimat bisa memodifikasi lebih dari satu kata dari kalimat tersebut. Di

syntactic ambiguity in part of speech

, buku tersebut menggunakan

gerund

yang bisa diartikan

sebagai kata kerja dan kata benda. Buku tersebut juga berisi beberapa kalimat yang kurang artikel

di dalam kalimat

kalimat tersebut. Di dalam buku tersebut juga ada satu kalimat yang seharusnya

menggunakan

countable noun

daripada

uncountable noun

yang dika

renakan oleh konteks dari

kalimat tersebut. Yang terakhir adalah

syntactic ambiguity in modifier scope.

Dari hanya satu data

dari aspek ini, cakupan lingkup dari kata penjelas kalimat tersebut bisa diartikan menjadi lebih dari

satu arti.

Berdasarkan dari

hasil penemuan dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa buku cetak

When

English Rings a Bell grade level VII

yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan mengandung beberapa kesalahan sintaksis. Karena itu, peneliti memiliki beberapa

saran untuk

orang

orang berikut. Untuk para guru yang ingin menggunakan buku ini sebagai buku

mengajar, harap lebih berhati

hati dalam menggunakannya. Untuk penulis buku, dia bisa diberi

tahu tentang kekurangan dari buku yang ia tulis ini agar segera diperbaiki setela

h ia diberi tahu.

Disarankan pula kepada penulis

penulis buku yang lain agara lebih berhati

hati dalam menulis dan

lebih memperhatikan tentang aske

aspek sintaks yang ada di dalam buku yang mereka tulis. Ini

juga diharapkan kepada peneliti

peneliti selanju

tnya agar hasil dari penelitian ini dapat

menginsiprasi mereka untuk lebih memperluas data hasil dan sumber data yang berbagai jenis.