SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

An Analysis on Teacher-Made Midterm English Test of Semester I of Grade X of 2015/2016 of SMK PGRI 3 Malang

sherly rasdiana puteri pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Sherly Rasdiana Puteri. 2016. An Analysis on Teacher-Made Midterm English Test of Semester I of Grade X 2015/2016 of SMK PGRI 3 Malang. Thesis, English Language Teaching Program, English Department, Faculty of Letters, State University of Malang, Advisor I: Dr. Sintha Tresnadewi, M.Pd. Advisor II: Dra. Furaidah, MA.

 

Keywords: Teacher-made test, midterm English test, item analysis

diadakannya penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas dari Ujian Tengah Semester (UTS) Bahasa Inggris kelas X semester 1 SMK PGRI 3 Malang tahun pelajaran 2015/2016 yang dibuat oleh guru. Aturan-aturan dan prinsip yang digunakan untuk mengevaluasi soal ujian dalam penelitian ini adalah berdasarkan kriteria tes yang baik yang harus dicapai oleh sebuah tes agar menjadi sebuah alat ukur yang baik dalam menilai kemampuan peserta didik. Syarat-sayarat untuk mengevaluasi sebuah tes yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini adalah validitas isi, validitas muka, reliabilitas, tingkat kesukaraan, daya pembeda dan keefektifan pengecoh.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif evaluatif. Metode kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk mengevaluasi kualitas tes dalam penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari dokumen sekolah. Data yang digunakan berupa lembar jawaban siswa dan lembar soal. Data yang diperoleh kemudian dihitung menggunakan program Microsoft Excel tahun 2007.

Berdasarkan hasil analisis, Ujian Tengah Semester Bahasa Inggris kelas X tahun pelajaran 2015/2016 SMK PGRI 3 Malang memiliki validitas isi yang 25% valid.Yang kedua, validitas muka tidak cukup bagus untuk karena tidak dapat mencerminkan soal Ujian Tengah Semester Bahasa Inggris yang sebenarnya. Yang ketiga, tes memiliki reliabilitas yang tidak dapat diterima. Koefisien reliabilitas mencapai .45 dan termasuk ke dalam kategori relatif lemah. Keempat, tingkat kesukaran dari tes tergolong baik. Kelima, daya pembeda tergolong rendah karena kebanyakan dari butir soal tidak dapat membedakan antara siswa dari golongan “atas” dan siswa dari golongan “bawah”. Keenam, hanya ada 17,5% dari total butir soal yang semua pengecohnya berfungsi dengan baik. Terakhir, setelah merangkum hasil dari analisis butir soal, terdapat 11 butir soal yang harus dibuang karena butir-butir soal tersebut tidak memenuhi kriteria dan prinsip-prinsip butir soal yang baik.

 

Untuk merangkum secara keseluruhan, tes yang dibuat oleh guru pada Ujian Tengah Semester Bahasa Inggris semester 1 kelas 10 2015/2016  SMK PGRI 3 Malang memiliki tingkat kesukaran yang bagus, namun tidak dapat menunjukkan hasil yang memuaskan dalam validitas isi, reliabilitas, validitas muka, daya pembeda dan keefektifan pengecoh. Mengetahui hasil dari analisis kualitas tes, sangat penting bagi guru sebagai pembuat tes untuk membuat kisi-kisi soal sebelum membuat tes. Tes yang dibuat oleh guru seharusnya memiliki kisi-kisi soal sehingga memiliki validitas isi yang baik. Jadi, kemampuan siswa yang sebenanarnya dapat terukur dan terpaparkan dangan baik.