SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Materi Membaca Bahasa Inggris Tambahan dalam bentuk Komik untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan

Siget Andri Setiawan

Abstrak


Setiawan, Siget Andri. 2015. Pengembangan Materi Membaca Bahasa Inggris Tambahan dalam bentuk Komik untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan. Skripsi, Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: (I)Dr. Utari Praba Astuti, M.A, (II) Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D.

Kata kunci: komik, materi membaca, membaca, bahasa inggris untuk untuk mahasiswa program kejuruan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah materi membaca yang sesuai untuk mahasiswa dari fakultas ilmu keolahragaan. Produk ini dikembangan karena materi yang selama ini dipakai di kelas kurang menarik minat dari mahasiswa dan memerlukan banyak variasi materi. Peneliti memilih media komik dikarenakan komik meiliki banyak kelebihan yang cocok diaplikasikan kepada mahasiswa dari fakultas ilmu keolahragaan. Salah satu kelebihan komik adalah komik mempunyai gambar untuk memproyeksikan materi bidang olahraga terutama mengenai peraturan , bentuk tubuh, dan formasi

Dalam penelitian ini prosedur yang digunakan mengadaptasi prosedur penelitian dan pengembangan oleh Hyland (2003). Proses penelitian ini dimulai dengan (1) menganalisa kebutuhan. (2) pengembangan produk (3) validasi ahli, (4) perbaikan pertama, (5) uji coba produk, (6) perbaikan kedua dan (7) produk akhir. Setelah semua tahap pengembangan selesai dilaksanakan, produk telah siap untuk dipublikasikan kepada mahasiswa fakultas ilmu keolahragaan.

Produk akhir dalam penelitian yaknimateri bacaan tambahan yang dikemas dalam bentuk komik.Komik ini berukuran 21x15 cm. Komikini terdiri dari duatopik utama yakni sepakbola dantennis. Tiap topik terdiri dari 3 bagian. Bagian pertama adalah pengenalan awal terhadap bidang olahraga tersebut. Bagian selanjutnya adalah isi komik dan bagian yang terakhir adalah kuis atau pertanyaan. Selain itu,terdapat juga perkenalan karakter dan penjelasan tentang komik di awal untuk mempermudah mahasiswa membaca komik ini.

Komik yang dibuat merupakan hasil akhir dari proses validasi oleh para ahli dan uji coba kepada mahasiswa. Oleh karena itu, komik yang dikembangkan baik dalam hal isi maupun desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mahasiswa. Hasil dari proses validasi ahli dan juga pengguna menunjukkan bahwa produk ini tepat bagi pengguna.

 

Peneliti merekomendasikan komik in untuk digunakan di dalam kelas sebagai buku bacaan dalam berlatih kemampuan membaca bacaan berbahasa inggris. Namun, komik inijuga bisa digunakan di luar kelas tanpa terbatas ruang dan waktu. Komik ini dapat diintegrasikan ke dalam berbagai macam materi yang berhubungan dengan bahasa inggris