SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Reading Cards sebagai Materi Membaca Tambaha untuk Siswa Kelas 8 di MTs. Daarul 'Uluum Margomulyo Blitar

DIAN TRI WAHYUNI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni, Dian Tri. 2013. Developing Reading Cards as Supplementary Reading Materials for the Eighth Grade Students of MTs. Daarul ‘Uluum Margomulyo Blitar. Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suharmanto, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, kartu bacaan, materi membaca tambahan

 

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkankartu bacaan yang digunakan sebagai materi membaca tambahan untuksiswa kelas delapan di MTs. Daarul ‘Uluum Margomulyo Blitar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menyediakan materi membaca tambahan dalam kegiatan pengayaan di kelas. Pemilihan materi yang digunakan dalam penelitian ini disesuikan dengan Standar Isi untuk Sekolah Menengah Pertama di semester satu seperti yang tertuang dalam Kurikulum 2006.

Untuk dapat mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan model penelitian pengembangan yang telah diadaptasi.Model pengembangan yang telah diadaptasi sedemikian sehingga tersusun beberapa prosedur sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan materi, (3) validasi ahli, (4) revisi I, (5) try out, (6) revisi II, dan (7) produk akhir. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan siswa dengan menganalisis silabus dan bahan ajar yang digunakan disekolah. Setelah menganalisis silabus dan bahan ajar yang ada, hasilnyapun terungkap bahwa buku pelajaran yang digunakan di sekolah tersebut tidak relevan dengan tujuan pembelajaran yang ada  pada silabus. Tugas dan soal latihan yang ada tidak cukup menunjang tujuan komunikatif dalam pembelajaran reading Topik bacaan yang adapun seharusnya tidak menyimpang dengan konteks kehidupan sehari-hari dan seharusnya masih berkaitan dengan pengalaman pribadi siswa sehingga konsep meaningful learning dapat tercapai.

Hasil dari analisis kebutuhan tersebut kemudian digunakan sebagai acuan dalam pengembangan materi. Tahapan pengembangan materi meliputi perencanaan serta penyusunanmateri dan kegiatan. Materi yang telah dikembangkan dalam tahapan ini masih dalam tahap percobaan yang kemudian divalidasioleh dua orang ahli. Dalam penelitian ini, peneliti meminta bantuan salah seorang dosen senior yang ahli di bidang pengajaran reading dan pengembanganmateri serta guru mata pelajaran bahasa Inggris yang bersangkutan. Setelah selesai divalidasikan, peneliti melakukan  revisi pertama berdasarkan masukan yang diberikan oleh para ahli untuk meningkatkan kualitas materi tersebut. Setelah itu, materi tersebut diuji cobakan ke 10 siswakelas delapan untuk mendapatkan masukan mengenai tingkat keefektifan dan kemenarikan produk.

Produk akhir dalam penelitian ini berupa seperangkat kartu bacaan yang terdiri dari tiga unit. Unit yang pertama dengan kartu berwarna hijau  dan Unit kedua dengan kartu berwarna biru memuat teks deskripsi dengan tema My Favourite Animal and Plants dan It’s Time for Holidays. Unit ketiga dengan kartu berwarna kuning muda memuatjenis teksrecountdengan tema Growing Up. Setiap unit terdiri dari lima teks yang mencakup tiga fase aktifitas membaca yaitupre-reading, whilst reading, and post-reading activity.Dalam whilst reading activity terdiri dari dua jenis latihan meliputiComprehension Task and Mastery of Language Taskyang keduanya dilengkapi dengan kunci jawaban.

Dalam penelitian ini,  kartu bacaan yang dikembangkan peneliti telah sesuai dengan sillabus dalam menunjang fungsi buku paket. Kartu bacaan tersebut sangat bermanfaat dalam menyampaikan materi membaca untuk siswa kelas delapan pada semester pertama, meningkatkan kemampuan membaca siswa, dan juga meningkatkan minat membaca siswa. Akan tetapi, dikarenakan keterbatasan waktu yang ada kartu bacaan tersebut hanya memuat  teks deskripsi dan recount saja. Bagipeneliti lain yang berminat dalam pengembangan materi tambahan membaca disarankan untuk mengobservasi tingkat kemampuan membaca siswaterlebih dahulu sehingga dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan yang diharapkan.