SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UTILIZING "P.O.W.E.R" STRATEGY TO ENHANCE THE STUDENTS’ WRITING ABILITY OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA KERTANEGARA MALANG

ISTIANAH .

Abstrak


ABSTRAK

 

Istianah. 2013. Utilizing "P.O.W.E.R" Strategy to Enhance Writing Ability of the Eleventh Grade Students of SMA Kertanegara Malang. Sarjana Thesis, English Department, Faculty of Letters, State University of Malang. Pembimbing: Drs. Andi Muhtar, M.A.

 

Kata Kunci: menulis, strategi "P.O.W.E.R" , kemampuan menulis, sikap siswa

 

Berdasarkan hasil dari penelitian awal, disebutkan bahwa siswa kelas XI IPS di SMA Kertanegara Malang memiliki beberapa masalah dalam menulis. Masalah yang mereka alami antara lain: mengatur ide, kurangnya motivasi dalam menulis, dan kurang pengetahuan tentang tata bahasa, kosa kata dan detail-detail dalam menulis.

Maka dari itu, peneliti mengadakan sebuah penelitian untuk menyelesaikan masalah tersebut. Strategi "P.O.W.E.R" diajukan oleh peneliti untuk mengatasi masalah mereka. Strategi "P.O.W.E.R" adalah salah satu metode pembelajaran menulis yang mencakup beberapa langkah, antara lain: plan, organize, write, evaluate, dan revise.

Pada langkah kedua, strategi ini menggunakan mind mapping sheet untuk mengorganisasikan ide menulis siswa. Strategi ini juga menggunakan self assessment sheet pada langkah keempat untuk mengevaluasi hasil menulis siswa. Langkah-langkah tersebut dilakukan secara berurutan. Strategi ini dipilih karena strategi ini mencakup semua masalah yang telah disebutkan diatas. Selain itu, strategi ini memberikan beberapa langkah yang membantu siswa dalam menulis teks.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan mengikuti empat langkah penelitian, yaitu: perencanaan, penerapan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI IPS di SMA Kertanegara Malang pada semester ganjil tahun akademik 2013/2014. Ada sepuluh siswa dalam kelas tersebut. Peneliti  menggunakan dua instrument penelitian, yaitu: lembar mind map dan lembar self assessment. guru bahasa Inggris kelas membantu peneliti dalam membuat rencana pembelajaran dan menentukan cara pembelajaran.

Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi "P.O.W.E.R" dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal itu terbukti dari nilai siswa yang bisa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) setelah menulis menggunakan strategi ini. Strategi ini juga meningkatkan motivasi siswa dalam menulis karena langkah-langkahnya yang mudah. Siswa senang dan ingin terus menulis dengan menggunakan strategi "P.O.W.E.R". tingkat keragaman kemampuan menulis siswa juga selalu menurun selama penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa strategi "P.O.W.E.R" dapat mencakup dan cocok untuk seluruh tingkatan kecerdasan siswa dalam kelas.

Berdasarkan dari penemuan ini, guru bahasa Inggris diharapkan untuk mengadopsi langkah-langkah atau instrumen yang digunakan dalam strategi "P.O.W.E.R". Para guru bahkan disarankan untuk menggunakan strategi "P.O.W.E.R". Strategi ini cocok digunakan untuk siswa yang kurang motivasi karena stratgei ini dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menulis. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan strategi "P.O.W.E.R" untuk meningkatkan kemampuan menulis pada kelas dengan jumlah siswa yang lebih besar.