SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN LAPORAN PERJALANAN DENGAN BAHASA KOMUNIKATIF BERDASARKAN URUTAN RUANG, WAKTU DAN TOPIK OLEH SISWA KELAS VIII SMP AFIFIYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011-2012

Rizki Agustika

Abstrak


ABSTRAK

Anggraini, Dewi. NPM 0802040141 : Kemampuan Menyampaikan Laporan Perjalanan dengan Bahasa Komunikatif berdasarkan Urutan Ruang, Waktu dan Topik oleh Siswa Kelas VIII SMP Afifiyah Medan Tahun Pembelajaran 2011-2012. Skripsi. Medan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menyampaikan laporan perjalanan dengan bahasa komunikatif berdasarkan urutan ruang, waktu dan topik oleh siswa kelas VIII SMP Afifiyah Medan Tahun Pembelajaran 2011-2012. Populasi penelitian ini berjumlah 48 siswa tersebar dalam dua kelas dan sampel yang diambil adalah seluruh populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu penelitian yang memaparkan keadaan sebenarnya dari siswa berkenaan dengan kemampuan dan pencapaian hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur kemampuan ini adalah tes berbentuk tertulis yaitu menulis laporan perjalanan sesuai urutan waktu. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diperoleh simpulan bahwa siswa dapat dikatakan mampu menyampaikan laporan perjalanan dengan bahasa komunikatif. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 54. Berdasarkan kriteria kemampuan rata-rata 54 masuk ke dalam peringkat kurang. Persentase kemampuan siswa menyampaikan laporan perjalanan dengan bahasa komunikatif menunjukan kemampuan bervariasi yaitu 80 – 100  (10.42%), nilai 66 – 79  (27,98%), nilai 56 – 65 (18,75%), nilai 40 – 55 (37,50%), nilai 30 – 39  (6,25%).