SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

The Media Used by The English Teacher at SDN Sumbersari II Malang

Rika .

Abstrak


ABSTRAK

 

Rika, 2012.”Media yang digunakan guru bahasa Inggris di SDN Sumbersari II  Malang.Tesis, Depertemen pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Andi Muhtar, Dip. TESL, M.A (II) Maria Hidayati, S.S., M.Pd.

 

Kata kunci: Media,aktivitas-aktivitas belajar, tujuan pembelajaran

Media dianggap penting untuk membantu pengajaran dan memudah kan prestasi siswa mencapai hasil pelajaran.Dengan mengunakan media, materi-materi dapat lebih di mengerti,  aktifitas-aktifitas belajar menjadi lebih menarik, dan guru dapat mengunakan bermacam-macam metode-metode pengajaran. Alat –alat media juga sangat bermanfaat dalam mengajar bahasa inggris. Berdasarkan persiapan obserfasi, reaksi siswa-siswa untuk bahasa inggris begitu antusias terutama ketika guru mengunakan media.  Mereka kelihatanya berminat dalam belajar bahasa inggris. Akan tetapi, guru bahasa inggris kelihatanya masih menemukan kesulitan-kesulitan dalam menyiapkan media dan masih kesulitan dalam memilih media yang tepat khususnya untuk kelas satu dalam proses mengajar dengan mengunakan media secara efektif dan secara efisien. Melihat dari situasi, peneliti ini tertarik menguraikan media yang digunakan guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris di SDN Sumbersari II Malang.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriftif kualitatif. Inti dari penelitian adalah media yang digunakan guru bahasa Inggris, dan siswa-siswa. Untuk memperoleh data, bermacam-macam alat digunakan: daftar kegiatan obserfasi, catatan-catan lapangan, panduan interview, dandaftar pertanyaan.

Hasil penelitian menyatakan bahwa guru mengunakan beberapa media dalam mengajar bahasa inggris yaitu: papan tulis, buku teks, LCD Projector, audio visual media (speakers) dan flash cards.

Hasil dari penelitian ini  menunjukan media yang di gunakan oleh guru bahasa inggris dalam mengajar di SDN Sumbersari II Malang syarat-syarat yang baik dalam  mengajar bahasa ingris adalah guru bahasa inggris mengunakan beberapa media untuk mendorong siswa-siswa menjadi aktif di dalam kelas. Penelitian ini telah selesai di SDN Sumbersari II Malang untuk melihat mengajar bahasa inggris dan proses belajar terutama media yang digunakanoleh guru.