SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

The Teaching of Writing at SMP Internasional Laboratorium UM

Nurhayati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhayati. 2012. Mengajar Menulis di SMP Internasional Lab UM. Thesis. English Language Education Department, Fakultas sastra, Universitas Negeri Malang. Penasehat: (I) Drs. Andi Muhtar, Dip. TESL, M.A, and (II) Nurenzia Yannuar, S.S., M.A.

 

Kata Kunci: Mengajar Bahasa Inggris, SMP Internasional Lab UM.

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pengajaran menulis bahasa Inggris pada “SMP Internasional Lab UM”. Tujuannya yaitu untuk: (1) menggambarkan bagaimana guru SMP Internasional Lab UM mengajar  menulis bahasa Inggris, (2) menggambarkan teknik menulis apa yang diterapkan di SMP Internasional Lab UM, dan (3) menggambarkan kesulitan apa saja dalam penerapan teknik mengajar menulis.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjeknya adalah guru bahasa Inggris dan murid-murid di SMP Internasional Lab UM. Alat utama pada penelitian ini yaitu peneliti, yang mana didukung oleh beberapa alat istrumen lainnya: checklist, wawancara, field notes, gambar dan video.

Penelitian ini menemukan bahwa kegiatan guru dalam mengajar bahasa Inggris menulis termasuk: mendengarkan dan melakukan, pemanasan, dan memberi contoh. Materi yang diggunakan oleh guru diambil dari buku Cambridge. Ditemukan juga bahwa ada beberapa teknik mengajar menulis bahasa Inggris yang diggunakan oleh guru bahasa Inggris diantaranya: (1) memilih topik yang menarik, (2) prewriting, (3) merevisi, (4) menerbitkan, dan (5) memberi penilaian. Tetapi, guru bahasa Inggris tidak pernah membuat rencana pengajaran harian. Terdapat beberapa kesulitan dalam menerapkan teknik mengajar menulis di SMP Lab UM. Diantaranya composing, dalam hal ini murid biasanya merasa kesulitan ketika mereka memperoleh ide tentang apa yang mereka inginkan untuk ditulis tapi tidak dapat membuat kalimat, karena mereka kurang dalam kosakata, grammar, dan tenses.

Penelitian ini menganjurkan bagi guru bahasa Inggris dan peneliti yang akan datang. Guru bahasa Inggris sebagai tokoh penting dalam mengajar dan belajar bahasa Inggris dikelas. Guru disarankan untuk menggunakan teknik mengajar menulis yang menarik, menyenangkan, dan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Bagaimanapun, seorang guru harus membuat rencana pembelajaran untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih baik. Dan juga, guru dan sekolah seharusnya memperbaiki kemampuan guru bahasa Inggris dan aktivitas pembelajaran menulis bahasa Inggris pada SMP Internasional Laboratorium UM. Dengan demikian, siswa-siswa dapat memperoleh hasil yang lebih baik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Untuk peneliti yang akan datang diharapkan mereka bisa lebih baik dari skripsi ini. Penelitian tentang mengajar menulis sangat lah jarang.