SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

English Conversation Classes at SMA Negeri 8 Malang

Novika Purnama Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Novika Purnama. 2012. Kelas Percakapan Bahasa Inggris di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Sarjana, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D.

 

Kata kunci: kelas percakapan bahasa inggris, ruang lingkup materi, evaluasi.

 

Kelas percakapan bahasa Inggris adalah kelas khusus yang berfokus pada pengembangan kemampuan berbicara. Kelas percakapan ini memberikan lingkungan belajar khusus dimana semua siswa diharapkan dapat berbicara dan merespon kegiatan di dalam kelas menggunakan bahasa Inggris tanpa ada rasa takut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelas percakapan bahasa Inggris yang ada di SMA Negeri 8 Malang, berfokus pada ruang lingkup materi dan evaluasi materi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Terdapat 89 murid dari beberapa kelas tertentu (X5, XI IPA 2, XI IPS 5) yang terpilih sebagai subjek penelitian. Kelas-kelas tersebut dipilih berdasarkan rekomendasi para guru kelas percakapan. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan beberapa instrumen; dokumen sekolah, panduan wawancara, dan kuesionaire. Data dari penelitian bertujuan untuk mengetahui ruang lingkup materi yang digunakan dan bagaimana pengevaluasiannya. Data dikumpulkan pada bulan Maret 2012. Data dari penelitian ini dianalisis dengan cara pengkategorian, pendeskripsian, dan pengkombinasian.

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa materi yang digunakan di kelas percakapan bahasa Inggris dikembangkan berdasarkan ruang lingkup berbasis topik, yaitu topik ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial. Topik-topik ilmu pengetahuan alam untuk kelas IPA, topik-topik ilmu pengetahuan sosial untuk kelas IPS. Evaluasi materi dilaksanakan oleh setiap guru dari setiap kelas. Pada dasarnya, belum ada pertemuan khusus dalam pengevaluasian materi yang telah dibuat. Pendapat para siswa terhadap materi yang digunakan pada umumnya positif dan pada umumnya mengatakan bahwa kelas percakapan bahasa Inggris sangat berguna untuk mata pelajaran lain di sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada para guru untuk mengadakan pertemuan kerja mengumpulkan materi yang bagus menjadi sebuah modul bagi para murid. Di samping itu, para guru seharusnya mengadakan sebuah pertemuan evaluasi paling tidak satu kali dalam sebulan. Pertemuan tersebut akan berguna sebagai media komunikasi diantara guru kelas percakapan bahasa Inggris.