SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Butir Soal Obyektif UAS Gasal Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2011/2012 di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri

yusnia dwi maharani, yusnia dwi maharani

Abstrak


ABSTRAK

 

Melalui penilaian terhadap hasil belajar, akan diketahui tingkat pencapaian hasil belajar terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Pentingya penilaian hasil belajar tersebut, membuat alat penilaian yang digunakan juga harus berkualitas. Artinya berkualitas yaitu bila dilihat dari segi validitas butir, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi pengecoh memiliki kategori yang baik. Dimana kualitas alat penilaian berdampak pada baik atau buruknya hasil penilaian tersebut. Soal ulangan akhir semester ini dibuat oleh guru dari perwakilan masing-masing SD atas nama UPTD SD setempat. Pada proses pembuatan soal, soal yang telah selesai dibuat langsung digunakan tanpa proses ujicoba. Padahal, pada pengujicobaan soal tes akan terlihat tingkatan kualitas soal tes yang telah dibuat. Akhirnya, kualitas soal tes sebagai alat penilaian akan berpengaruh terhadap hasil penilaian yang dilakukan.

Penelitian ini hendak menguji sebuah produk yaitu soal UAS gasal kelas IV sekolah dasar pada mata pelajaran IPA tahun pelajaran 2011/2012 yang digunakan di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Pengujian tersebut berfokus pada analisis butir soal yang bertujuan untuk melihat bagaimanakah validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya beda soal, dan fungsi distraktor soal obyektif UAS Gasal kelas IV pada mata pelajaran IPA tahun pelajaran 2011/2012.

Penelitian ini mempunyai obyek populasi lembar jawaban UAS gasal IPA tahun pelajaran 2011/2012 siswa kelas IV se-Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Penentuan  jumlah obyek sampel penelitiannya menggunakan bantuan tabel kesalahan yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Pada tabel tersebut peneliti menggunakan taraf kesalahan 1%  sehingga didapat sampel berjumlah 301 lembar jawaban UAS gasal IPA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas butir sebagian besar berkategori rendah yaitu mencapai 77,1%; soal telah 100% mencapai reliabel; tingkat kesukaran berkategori mudah dengan persentase 54,3%; daya beda soal sebagian besar berkategori jelek yaitu mencapai 45,7%; dan fungsi distraktor masih mencapai keberfungsian sebesar 40%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kualitas soal kurang baik.

Adapun saran yang dapat dilakukan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu sebaiknya soal yang akan dipakai untuk mengukur hasil belajar siswa harus melalui proses ujicoba sehingga dapat diketahui kualitas soal tersebut.