SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Errors in Using Simple Past Tense in Recount Texts Written By The eighth Graders of SMP Lab UM

Ansyar .

Abstrak


ABSTRAK

 

Ansyar. 2012. Errors in Simple Past Tense in Recount Text Written by The Eighth Graders of SMP Lab UM. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Program Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Andi Muhtar, Dip. TESL., M.A., (II) Suharyadi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: errors, simple past tense, teks recount.

 

Penelitian mengenai kesilapan para siswa dalam menggunakan simple past tense dalam teks recount yang ditulis oleh para siswa kelas VIII SMP Lab UM. Hampir semua siswa menganggap bahwa menulis adalah keterampilan yang paling sulit dibandingkan dengan yang lainnya. Oleh karena itu, para siswa seringkali melakukan kesilapan, dan juga ketika mereka menggunakan simple past tense dalam teks recount. Penelitian ini diadakan berdasarkan pertimbangan bahwa simple past tense memiliki peranan penting dalam menulis teks recount.

Masalah-masalah dari penelitian ini adalah kesilapan apa yang dominan dalam teks recount yang  ditulis oleh para siswa kelas VIII SMP Lab UM dan jenis-jenis kesilapan apa yang terdapat dalam penggunaan simple past tense dalam teks recount. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan kesilapan yang dominan dalam teks recount yang  ditulis oleh para siswa kelas VIII SMP Lab UM dan menemukan jenis-jenis kesilapan yang terdapat dalam penggunaan simple past tense dalam teks recount .

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Lab UM tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari enam kelas sebagai berikut; 8A, 8B, 8C, 8D. 8E, dan 8F. Jumlah keseluruhan dari populasi tersebut adalah 185 siswa dimana 28 siswa  dipilih sebagai sampel.Teknik cluster random sampling digunakan untuk mengumpulkan data yang mewakili masing-masing kelas, sehingga semua kelas terwakili. Sampel yang diambil adalah 15% dari jumlah keseluruhan populasi untuk mendapatkan data. Intrumen yang digunakan adalah tugas menulis yang terdiri dari outline dalam menulis teks recount. Dalam menganalisis data, digunakan  analisis error yang terdiri dari lima tahap yaitu; mengidentifikasi errors, mengklasifikasikan errors, menghitung errors, memasukkan hasil penemuan ke dalam tabel, dan yang terakhir menarik kesimpulan.

Akhirnya, hasil dari analisis menunjukkan bahwa terdapat 11 sejenis kesilapan. Kesilapan-kesilapan tersebut adalah omission of to be sebanyak 9.46%, wrong form of to be sebanyak  13.97%, wrong form of infinitive to 1,80%, addition of to be (before and after verb) 6.76%, wrong form of verb 53.60%,  wrong form of modal auxiliary 6.31%, omission of verb 0.90%, wrong of negative sentence sebanyak 2.25%, wrong form of question sentence sebanyak 0.45%, omission of subject pronoun sebanyak 2.25%, and wrong form of subject pronoun sebanyak 2.25%. Kemudian disimpulkan bahwa kesilapan yang paling dominan adalah  wrong form of verb dalam teks recount yang ditulis oleh para siswa tersebut dengan persentase 53.60%.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar para siswa kelas VIII SMP Lab UM harus diberikan latihan-latihan intensif khususnya pada struktur simple past tense yang benar dalam penulisan mereka. Sangat penting juga bagi para siswa dan guru SMP Lab UM mengetahui hasil dari penelitian ini agar mereka dapat meningkatkan proses belajar mengajar. Guru tersebut juga harus memberikan umpan balik terhadap teks recount yang ditulis oleh para siswa.