SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Content Analysis on English for Kids Grade 3, a Textbook Used in Elementary Schools in Malang

Nestin Vernila Keban

Abstrak


ABSTRACT

 

Keban, Nestin Vernila. 2012. Content Analysis on English for Kids Grade 3, a Textbook Used in Elementary Schools in Malang. Thesis, English Department, Faculty of Letter, State University of Malang. Advisors: (I) Drs.Andi Muhtar, Dip.TESL, M.A, (II) Evi Laily Zen, S.Hum, M.A.

 

Key Words: content analysis, textbook, third graders.

 

This study is conducted in order to analyze the English textbook “English for Kids Grade 3” published by Education Department of Malang in terms of (1) objectives, (2) design and organization, (3) language skills, (4) language content, (5) topic, (6) practical considerations taken from criteria giving by Cunningsworth (1995) and Litz (2005).

This study used a descriptive-evaluative method by using content analysis design. The subject of this study was the English teacher who used the English textbook in her teaching, while the object of this study was the textbook used, entitled ‘English for Kids Grade 3’. The researcher used three main instruments to collect the data; the researcher herself, evaluation checklist, and interview guide. After gaining the information about the textbook from the teacher and analyzing the data based on EFL evaluation criteria, the researcher was able to explain which of criteria have already met by the textbook. The next step was concluding the result of the analysis in the form of percentage which is called the level of suitability. This was done by dividing the number of criteria already fulfilled by the textbook with the total number of the EFL evaluation criteria and multiplied by 100%.

The result showed that the textbook was considered adequately relevant to the EFL textbook evaluation criteria which could be seen from the level of suitability. The level of suitability of ‘English for Kids Grade 3’ was 60,86%. It means that teachers can use the textbook as references to teach the third graders of elementary school, yet, it needed a lot of improvements.

Based on the findings the researcher suggested that the English teacher of third graders needed to be selective in giving writing materials to the students, choose the appropriate materials to third graders’ level, then, English department of State University of Malang develop a new textbook for elementary school that meet all of the criteria of a good textbook based on EFL textbook evaluation. For other researcher who might conduct studies on the similar topic about textbook evaluation, it was suggested that the future researchers make more careful consideration in selecting the criteria of textbook evaluation.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Keban, Nestin Vernila. 2012. Analisis Isi Buku ‘English for Kids Grade 3’, sebuah Buku yang Digunakan di Beberapa Sekolah Dasar di Malang. Skripsi, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1: Drs.Andi Muhtar,Dip.TESL, M.A dan Pembimbing II: Evi Laily Zen,S.Hum, M.A.

 

Kata Kunci : analisis buku, buku pelajaran, kelas tiga.

 

Penelitian ini bertujuan untuk memeberikan penilaian terhadap buku “English for Kids Grade 3” yang di terbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang yang meliputi hal-hal berikut: (1) tujuan, (2) desain dan susunan, (3) keterampilan kebahasaan, (4) isi kebahasaan, (5) topic, (6) pertimbangan praktis berdasarkan criteria dari para ahli, diantaranya Cunningsworth (1995) and Litz (2005).

Penelitian ini menggunakan metode descriptive-evaluative dengan menggunakan desain analisis isi. Subyek dari penelitian ini adalah guru bahasa inggris yang menggunakan buku pelajaran bahasa inggris ini sebagai bahan ajarnya, sedangkan objek dari penelitian ini adalah buku pelajaran itu sendiri, yang berjudul ‘English for Kids Grade 3’. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga instrument utama; peneliti, daftar evaluasi, dan pedoman wawancara. Setelah memperoleh informasi dari guru bahasa inggris mengenai buku tersebut dan menganalisa data berdasarkan kriteria evaluasi EFL, peneliti mampu untuk menjelaskan kriteria-kriteria yang sudah terpenuhi oleh buku tersebut. Langkah selanjutnya adalah menyimpulkan hasil dari penelitian yang disajikan dalam bentuk presentase yang biasa disebut tingkat kesesuaian. Hal ini dilakukan dengan membagi jumlah kriteria yang telah terpenuhi oleh buku dengan total jumlah kriteria evaluasi EFL dan kemudian dikalikan dengan 100%.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa buku teks tersebut dianggap cukup relevan dengan kriteria evaluasi buku teks EFL, hal tersebut dapat dilihat dari tingkat kesesuaian yang tersaji. Tingkat kesesuaian dari buku ‘English for Kids Grade 3’ adalah 60,86%. Walaupun buku ini masih membutuhkan banyak perbaikan, namun dari hasil penelitian menunujukan bahwa guru masih dapat menggunakannya sebagai referensi untuk mengajar siswa kelas tiga di sekolah dasar.

Berdasarkan temuan dari penilitian ini, peneliti menyarankan bahwa guru bahasa inggris kelas tiga perlu selektif dalam memberikan materi-materi keterampilan menulis, pilihlah materi yang sesuai dengan kemampuan siswa kelas tiga. Kemudian,  Jurusan Bahasa Inggris UM perlu mengembangkan buku pelajaran bahasa inggris baru untuk sekolah dasar yang memenuhi semua kriteria buku yang baik berdasarkan pada kriteria dari evaluasi buku teks EFL. Bagi peneliti lain yang mungkin melakukan penelitian pada topik yang sama tentang evaluasi buku, disarankan hendaknya lebih berhati-hati dalam memilih kriteria-kriteria apa saja dalam mengevaluasi sebuah buku.