SKRIPSI Jurusan Sastra Inggris - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

USING FOTONOVELA AND GUIDING QUESTIONS TO IMPROVE THE ABILITY IN WRITING NARRATIVE TEXTS OF GRADE VIII STUDENTS OF SMP NEGERI 21 MALANG

Khoiruddin Yanuar Syam

Abstrak


ABSTRAK

 

Syam, Khoiruddin Yanuar. 2011.Menggunakan Fotonovela and Guiding Questions untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas 8 dalam Menulis Teks Narrative di SMP Negeri 21 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Malang. Pembimbing: Prof. Bambang Yudi Cahyono, M.Pd., M.A., Ph.D.

 

Kata Kunci: menulis, fotonovela, pertanyaan penuntun, teks narrative

Salah satu tujuan pengajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah pertama terutama kelas delapan atau tahun kedua adalah mengajar siswa agar mampu menulis teks berbentuk naratif. Di SMP Negeri 21 Malang, meskipun guru telah mencoba untuk mengajar keempat skill (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis) dalam porsi yang sama, hasil tulisan siswa masih rendah dan belum dapat memenuhi standard kelulusan minimal (SKM) yang ditetapkan sekolah. Hasil wawancara dengan guru dan studi awal menunjukkan bahwa siswa menghadapi banyak masalah dalam menulis dan menganggap penemuan dan perorganisasian ide sebagai masalah yang paling sulit. Oleh karena itu, penggunaan fotonovela dan pertanyaan penuntun diusulkan untuk digunakan dalam proses mengajar menulis terutama teks berbentuk naratif untuk membantu siswa mengatasi masalah-masalah yang dihadapi. Teknik ini dipilih karena fotonovela dan pertanyaan penuntun mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh media gambar berseri atau pun media komik. Dengan menggunakan teknik ini, siswa diharapkan dapat mengeksplorasi, mengorganisasikan, dan mengungkapkan ide dari pengalaman pribadi atau imajinasi melalui media fotonovela berdasarkan dari jawaban pertanyaan penuntun kemudian membangun ulang ide yang sudah dituangkan dalam fotonovela ke dalam struktur umum karangan berbentuk teks naratif (orientasi, komplikasi, klimaks dan resolusi). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kecakapan siswa dalam menulis teks berbentuk narrative terutama dalam menemukan dan menyusun atau mengatur ide dengan membuat fotonovela dan menjawab pertanyaan penuntun melalui proses dan strategi menulis.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Karena peneliti belum mempunyai kelas sendiri, penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru yang bersangkutan dengan kelas yang bermasalah. Dengan bantuan guru asli, peneliti merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan menentukan kriteria kesuksesan (criteria of success). Selama penelitian, guru asli bertindak sebagai pengamat sementara peneliti bertindak sebagai guru pengajar selama proses belajar dan mengajar berlangsung. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan strategi pembelajaran (planning), pelaksanaan (implementation), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).Siswa yang menjadi subyek penelitian ini adalah para siswa yang selalu hadir selama penelitian berlangsung, yaitu 42 siswa tingkat VIII kelas 6 di SMP Negeri 21 Malang pada tahun ajaran 2010/2011. Data yang diambil berupa perilaku siswa selama proses belajar dan mengajar berlangsung dan nilai dari hasil tulisan siswa. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan panduan wawancara, daftar pengamatan, catatan lapangan (field notes), dan tulisan akhir siswa.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan berhasil memenuhi kriteria kesuksesan dengan baik dan memuaskan. Dalam kaitannya dengan hasil tulisan siswa, nilai siswa mengalami peningkatan dalam artian dapat memenuhi SKM yang ditentukan dan lebih baik dibandingkan nilai mereka sebelumnya. Selain itu, perilaku siswa selama kegiatan belajar dan pembelajaran berlangsung juga lebih baik dan positif saat diterapkannya teknik penggunaan fotonovela dan pertanyaan penuntun.

Berdasarkan hasil penelitian ini, para guru disarankan untuk menerapkan penggunaan fotonovela dan pertanyaan penuntun melalui proses menulis dalam mengajar menulis teks berbentuk naratif pada khususnya dan teks lain pada umumnya. Selain itu, mereka juga diharapkan untuk memberikan saran kepada siswa agar menggunakan fotonovela terkait dengan pengalaman pribadi atau imajinasi mereka sendiri dan menggunakan pertanyaan penuntun untuk menyusun dan mengatur ide dalam menulis teks berbentuk narrative secara mandiri. Selain itu, peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji penggunaan fotonovela dan pertanyaan penuntun melalui proses menulis lebih intensif lagi untuk jenis teks lain dan tingkatan pendidikan yang berbeda untuk melihat apakah teknik ini dapat diterapkan secara efektif dan sukses dalam membantu siswa menulis teks dalam Bahasa Inggris terkait dengan masalah mereka dalam menemukan dan mengatur ide.