SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Buku Cerita Anak yang Diminati Anak-anak Pengunjung Toko Buku Toga Mas Malang

Fitria Yulianti

Abstrak


Cerita anak adalah kisah nyata atau rekaan yang berbentuk prosa yang bertujuan menghibur pembacanya (anak). Penelitian ini bertujuan mengetahui minat baca anak terhadap buku cerita anak.

Minat adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Sesuai dengan pengertian tersebut, minat baca adalah kecenderungan jiwa yang mendorong seseorang membaca bacaan tertentu. Kecenderungan-kecenderungan tersebut terlihat dalam indikator-indikator antara lain respon positif, aktivitas membaca, kesenangan, dan tindak lanjut.

            Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah corak bacaan anak yang diminati anak-anak di Toko Buku Toga Mas Malang?, (2) Bagaimanakah struktur cerita anak yang diminati anak-anak di Toko Buku Toga Mas Malang?, (3) Bagaimanakah tema cerita anak yang diminati anak-anak di Toko Buku Mas Malang?, (4) Bagaimanakah indikator-indikator yang mempengaruhi minat baca anak-anak di Toko Buku Mas Malang?

            Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripeif survei yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan keadaan fenomena. Informan penelitian ini sebanyak 40 anak.

            Data penelitian ini adalah jawaban angket dan wawancara dengan anak-anak yang datang di Toko Buku Toga Mas Malang. Teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase (%).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita corak komik yang paling disukai anak secara berturut-turut yaitu Doraemon, Dragon Ball, Conan, dan Kungfu Boy. Urutan itu menggambarkan dari jenis cerita yang paling disukai ke cerita yang kurang disukai. Dengan persentase terbanyak (37,5%) hingga terendah (2,5%). Komik yang paling disukai yaitu Doraemon. Tokoh yang disukai anak secara berturut-turut yaitu tokoh manusia, binatang, dan luar angkasa. Urutan itu menggambarkan dari tokoh cerita yang paling disukai ke cerita yang kurang disukai. Dengan persentase terbanyak (50%) hingga terendah (2,5%). Tokoh yang paling disukai yaitu manusia. Tema cerita yang paling disukai anak secara berturut-turut yaitu tema percintaan, persahabatan, petualangan, dan budi pekerti. Urutan itu menggambarkan dari cerita yang paling disukai ke cerita yang kurang disukai. Dengan persentase terbanyak (47,5%) hingga terendah (7,5%). Tema cerita yang paling disukai yaitu percintaan. Banyak buku cerita yang dibaca anak dalam satu minggu  secara berturut-turut yaitu sejumlah 3—4 buku, 1—2 buku, 5—6 buku, dan lebih dari 6 buku. Dengan persentase terbanyak (42,5%) hingga terendah (7,5%). Banyak buku yang dibaca anak yaitu 3—4 buku.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak cenderung menyukai cerita corak komik, dengan tokoh manusia, dan bertema percintaan. Sebaiknya penulis cerita anak menggunakan tokoh manusia sebagai tokoh dalam buku ceritanya, agar anak-anak tertarik untuk membaca buku cerita tersebut. Selain itu, tokoh yang ditulis hendaknya mempunyai sifat pemberani karena anak-anak lebih menyukai cerita dengan tokoh  pemberani. Sebaiknya orang tua memiliki kepedulian terhadap buku cerita yang diminati anak. Pemilihan cerita yang sesuai dapat membantu menumbuhkembangkan kreativitas anak, berkaitan dengan sikap dan tingkah lakunya. Orang tua perlu mengetahui cerita yang diminati anak baik dari corak ceritanya, struktur cerita, tema cerita, serta faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca anak. Dengan mengetahui unsur-unsur cerita yang diminati anak, akan menghindarkan orang tua dari kesia-siaan dalam penyadiaan buku bacaan yang tidak menarik minat baca anak.

Teks Penuh: DOC