SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

LATIHAN DALAM BUKU TEKS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNTUK SMP DAN MTs KELAS VII TERBITAN PUSAT PERBUKUAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2008

Mukhlison Lahudin

Abstrak


ABSTRAK

 

Lahudin,  Mukhlison. 2010. Latihan Dalam Buku Teks Bahasa Dan Sastra Indonesia untuk SMP dan Mts Kelas VII  Terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional 2008. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Widodo,HS. M.Pd

 

Kata kunci: deskripsi, latihan, buku teks .

 

Salah satu komponen isi buku teks adalah latihan-latihan yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Latihan tersebut ditujukan untuk memperoleh informasi tentang ketercapaian tujuan pembelajaran, yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan pembelajar terhadap materi yang telah dipelajari.

Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif yang secara spesifik memiliki karakteristik sebagai penelitian deskriptif evaluatif. Dikatakan deskriptif evaluatif karena penelitian ini memberikan evaluasi terhadap objek yang dideskripsikan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa latihan-latihan yang bersumber dari buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP dan MTs Kelas VII Terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional 2008. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen kreatif yang berperan serta untuk menentukan perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, penganalisisan data, dan akhirnya menjadi pelapor data. Dalam pengumpulan data tersebut, peneliti dibantu oleh perangkat alat bantu berupa tabel pemandu yang telah ditentukan sebelumnya.

Hasil analisis menunjukan bahwa dalam buku teks ini memiliki (1) lebih banyak menekankan pada bentuk soal subjektif, bila dibandingkan dengan bentuk objektif. (2) Isi latihan sesuai atau relevan dengan tema unit dan berfungsi sebagai pemantapan materi, (3) Latihan-latihan yang tersaji 80% sudah memenuhi kriteria kevalidan, reliabilitas dan praktibilitas, hanya sebagian saja yang belum memenuhi standar kulifikasi di atas. (4) Penyebaran latihan dalam BTBI ini mengikuti kebutuhan dalam unitnya, unit yang memiliki uji kompetensi paling banyak adalah unit I dan VI sebanyak 6 latihan, dan paling sedikit adalah unit II, IV, dan IX sebanyak 3 latihan.

            Berdasarkan kesimpulan yang telah diperoleh tentang deskripsi latihan dalam buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP dan MTs Kelas VII Terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2008, dapat disarankan 1) untuk para guru dan pengguna buku agar dapat menggunakan latihan yang lebih bervariasi tidak terbatas pada latihan dalam buku ini, 2) saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian yang serupa. Dari penelitan yang serupa diharapkan dapat mengungkap lebih dalam tentang buku teks yang beredar, meskipun sedah lulus dari BSN, Hal ini bertujuan untuk perbandingan dan pendalaman.3) Bagi penulis buku teks diharapkan untuk mengintegrasikan beberapa latihan tambahan dan metode dalam latihan yang lebih bervariatif.