SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DiksidanGayaBahasadalamSyairLaguCampursariKaryaCakDikin

Fridian Bawin Riyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Riyanto, Fridian Bawin. 2010.Diksi dan Gaya Bahasa dalam Syair Lagu Campursari Karya Cak Dikin. Skripsi.Jurusan SastraIndonesia.Fakultas Sastra.Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd

 

KataKunci:diksi,gayabahasa,syairlagu

 

Diksi adalah pilihan kata yang tepat dan sesuai untuk menyampaikan gagasan dan perasaan kepada orang lain. Pilihan kata yang tepat akan memudahkan pemahaman kelancaran dalam berkomunikasi. Gaya bahasa adalah cara mengungkapkan pikiran atau perasaan melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepriba dian penulis (pemakai bahasa). Lagu atau nyanyian adalah puisi yang didendangkan. Dalam lagu terdapat paparan bahasa yang digunakan penggubah (pencipta lagu) untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginannya. Syair dalam lagu digunakan oleh seorang penggubah lagu untuk menimbulkan efek keindahan tertentu. Syair adalah salah satu cabang karya sastra yang menggunakan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi. Lagu yang dijadikan objek penelitian adalah 10 lagu campursari karya CakDikin.

Masalahyangdikajidalampenelitianiniadalah(1)pilihankatakonkretdanpilihankataabstrak,(2)maknadenotasidanmaknakonotasi,dan(3)gayabahasa.Penelitianinimemilikitujuankhususdantujuanumum.TujuankhususpenelitianiniadalahuntukmemperolehdeskripsitentangdiksidangayabahasadalamsyairlagucampursarikaryaCakDikin.Tujuanumumpenelitianinidiantaranya(1)untukmendeskripsikanpilihankatakonkretdankataabstrakdalamsyairlagucampursarikaryaCakDikin,(2)untukmendeskripsikanmaknadenotasidanmaknakonotasidalamsyairlagucampursarikaryaCakDikin,dan(3)untukmendeskripsikangayabahasadalamsyairlagucampursarikaryaCakDikin.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dari membaca seluruh isi lagu campursari karya CakDikin, kemudian mengidentifikasi dengan mencatat 10 lirik lagu. Penyeleksian data dan kodifikasi data dengan menggunakan tabel klasifikasi diksi dan gaya bahasa. Sumber data penelitian ini adalah 10 judul lagu campursar ikarya Cak Dikin yang telah disalin ke dalam bentuk teks, diantaranya Gulu Pedhot, Siti Badriah, Tragedi Tali Kutang, Dukun Asmara, Mr. Mendem, Sido Rondho, Susu Murni, Penak Mlumah, Manten-mantenan, dan Gimun Mendeman. Pemilihan 10 lagu tersebut dikarenakan lagu-lagu tersebut sudah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat terutama pecinta campursari. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata yang terdapat dalam syair lagu campursari karya Cak Dikin. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri karena data yang diperoleh berwujud tekstual atau tulisan.

Setelah data diperoleh, dilakukan proses interpretasi data yang telah ditemukan. Setelah tahap interpretasi selesai, dilakukan penyusunan laporan penelitian. Peneliti sebagai instrument utama memanfaatkan alat pemandu berupa tabel spesifikasi dan kodifikasi diksi dan gaya bahasa untuk menjaring data. Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya (1) penemuan data penelitian, pada tahap ini dilakukan dengan membaca seluruh isi lagu campursari karya Cak Dikin, (2) pencatatan, pada tahap ini dilakukan identifikasi dengan mencatat 10 lagu campursari karya Cak Dikin, dan (3) penyeleksian data yang dilakukan dengan membaca secara teliti untuk mengidentifikasi data yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga langkah, yaitu (1) identifikasi terhadap unsur-unsur diksi dan gaya bahasa dalam syair lagu campursari, (2) kodifikasi data unsur-unsur diksi dan gaya bahasa dalam syair lagu campursari, dan (3) penafsiran data unsur-unsur diksi dan gaya bahasa dalam syair lagu campursari. Pengecekan keabsahan data bertujuan agar data yang diperoleh dapat terjamin kevalidannya. Langkah-langkahnya adalah (1) perpanjangan keikutsertaan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kepercayaan data yang dikumpulkan, (2) ketekunan pengamatan, dan (3) pemeriksaan dengan teman sejawat melalui diskusi. Prosedur penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.

Hasil penelitian ini yaitu (1) penggunaan pilihan kata konkret dan abstrak, (2) penggunaan makna denotasi dan makna konotasi, dan (3) penggunaan gaya bahasa dalam syair lagu campursari karya Cak Dikin. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pembaca dan peneliti lanjutan tentang syair lagu khususnya lagu berbahasa Jawa

.