SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Sesuai dengan Syarat-Syarat Pantun Siswa Kelas VII MTs Al Hidayah Malang Dengan Menggunakan Daftar Kosakata

ERNA FITRIYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriyah, Erna. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Sesuai dengan Syarat-Syarat Pantun Siswa Kelas VII MTs Al Hidayah Malang Dengan Menggunakan Daftar Kosakata. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M. Pd, (2) Dr. Maryaeni, M. Pd

 

Kata kunci: pantun, daftar kosakata

 

Mata pelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan melalui pengembangan empat ketrampilan berbahasa, yakni mendengarkan, menulis, membaca, dan berbicara. Menulis pantun merupakan salah satu kompetensi berbahasa dan bersastra kurikulum 2006 SMP/MTS mata pelajaran bahasa dan sastra indonesia.

Pembelajaran menulis pantun menekankan pada kemampuan siswa dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat tertentu pantun yang perlu dikuasai oleh siswa. Proses pembelajaran yang menarik dan menyenagkan siswa dapat menghasilkan siswa yang kompeten dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun yaitu terdiri atas empat larik atau baris pada tiap bait, bersajak silang atau a-b-a-b, dua baris pertama merupakan sampiran, dua baris terakhir merupakan isi, dan banyaknya suku kata tiap larik atau baris antara delapan sampai du belas suku kata sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai pada kurikulum 2006. Untuk mencapai tujuan tersebut guru harus memiliki media yang tepat dalam pembelajaran menulis pantun. Media tersebut digunakan untuk membantu siswa dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) bagaimana proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun siswa kelas VII MTs Al Hidayah Karangploso-Malang dengan menggunakan media daftar kosakata, pada tahap pramenulis?, (2) bagaimana proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun siswa kelas VII MTs Al Hidayah Karangploso-Malang dengan menggunakan media daftar kosakata, pada tahap menulis?, dan (3) bagaimana proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun siswa kelas VII MTs Al Hidayah Karangploso-Malang dengan menggunakan media daftar kosakata, pada tahap pascamenulis?

Penelitian ini dilakukan di MTs Al Hidayah Karangploso-Malang, difokuskan pada siswa kelas VII sebagai subjek penelitian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang digunakan berupa data verbal, data perilaku siswa dalam pembelajaran menulis, data numerik yang berupa skor hasil pada tahap pramenulis, menulis, dan pasca menulis, dan data nonverbal yang berupa dokumentasi foto siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yakni lembar observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan hingga dua siklus untuk mencapai tujuan penelitian, yaitu peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan media daftar kosakata.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media daftar kosakata dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun. Pada siklus I tahap pramenulis dari 24 siswa yang mendapat tindakan 18 siswa dikatakan berhasil mencapai nilai rata-rata kelas di atas SKM (>70), dengan rincian 9 siswa mencapai kriteria sangat baik dengan rentangan nilai 100-90, 7 siswa mencapai kriteria baik dengan rentangan nilai 89-80 dan 1 siswa mencapai kriteria cukup dengan rentangan nilai 79-71. Dalam tahap pramenulis masih terdapat 6 siswa yang mendapat nilai rata-rata kelas di bawah SKM (70), dengan rincian 10 siswa mencapai kriteria sangat baik dengan rentangan nilai 100-90, 6 siswa mencapai kriteria baik dengan rentangan nilai 89-80 dan 1 siswa mencapai kriteria cukup dengan rentangan nilai 79-71. Dalam tahap ini ditemukan 7 siswa yang mencapai nilai rata-rata kelas di bawah SKM (70), dengan rincian 20 siswa mencapai kriteria sangat baik, dan4 siswa mencapai kriteria baik. Pada siklus II didapatkan hasil semua siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas di atas SKM (>70). Berdasarkan data-data yang sudah dicapai pada siklus I dan siklus II, siswa sudah mampu menulis pantun secara utuh dan tepat sesuai dengan syarat pantun dengan menggunakan media daftar kosakata. Media daftar kosakata dapat menjadi inspirasi bagi siswa, dengan bukti siswa mampu menulis pantun dengan utuh dan tepat sesuai dengan syarat pantun. Tema yang sudah dipilih dan syarat-syarat pantun yang telah ditentukan membantu siswa untuk menuangkan gagasanya menjadi pantun yang utuh dan tepat sesuai dengan syarat pantun.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk kepala sekolah dan guru agar menggunakan media daftar kosakata sebagai salah satu media pembelajaran menulis pantun atau puisi, sebab daftar kosakata merupakan sebuah daftar yang berisi sejumlah nama benda yang sering ditemui dalam kehidupan siswa sekaligus dapat memperluas kosakata siswa dan mudah dipahami serta dapt membantu siswadalam mengatur pola sajak pantun yang harus a b a b.