SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Narasi dengan Media Gambar Seri Siswa Kelas III SDN Jedong I Wagir Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2009/2010.

RETNO PALUPI

Abstrak


ABSTRAK

 

Palupi, Retno. 2010. Kemampuan Menulis Narasi dengan Media Gambar Seri Siswa Kelas III SDN Jedong I Wagir Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Mudjianto, M.Pd; (2) Azizatuz Zahro, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: kemampuan, menulis narasi, gambar seri, penilaian

 

Pembelajaran bahasa bertujuan untuk memperoleh kemampuan berkomunikasi. Untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi, siswa dilatih melalui pembelajaran kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) yang dilaksanakan secara terpadu. Salah satu kemampuan tersebut adalah kemampuan menulis. Menulis adalah kegiatan penyampaian pesan (gagasan, perasaan, dan informasi) secara tertulis kepada pihak lain. Sebagai salah satu bentuk komunikasi verbal, menulis melibatkan penulis yang berperan sebagai penyampai pesan dan pembaca berperan sebagai penerima pesan.

Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar seri. Media ini disukai siswa, khususnya siswa sekolah dasar. Secara psikologis, rasa suka dapat menumbuhkan motivasi untuk mempelajari dan memilikinya, serta dapat dengan mudah merekognisi kapan saja diperlukan. Menggunakan media gambar sebagai sumber belajar dapat menjadikan siswa lebih tertarik kepada materi ajar. Selain itu, media gambar dapat digunakan untuk meningkatkan imajinasi dan daya pikir siswa sehingga sangat membantu mereka menuangkan gagasannya melalui kegiatan menulis narasi.

Penelitian ini terfokus pada kemampuan menulis terutama menulis narasi yang didesain sebagai penelitian deskriptif. Kemampuan hasil pembelajaran yang diteliti adalah kemampuan menulis narasi setelah melihat gambar seri yang disertai dengan pemberian tugas ini sekaligus menjadi salah satu instrument untuk penelitian. Pengembangan desain penelitian ini merupakan rancangan penelitian yang berupaya memperoleh gambaran objektif kemampuan belajar siswa dengan menggunakan prinsip-prinsip evaluasi hasil belajar, yaitu validitas dan reliabilitas.

Seperangkat tujuan utama yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif: (1) kesesuian judul, (2) pengembangan tema,(3) penggambaran tokoh dan penokohan, (4) alur cerita, (5) latar cerita, (6) pemilihan diksi, (7) struktur kalimat, (8) pengembangan paragraf, dan (9) penulisan ejaan dan tanda baca siswa kelas III SDN Jedong I Wagir Kabupaten Malang.

Berdasarkan jenis data yang diperoleh dalam penelitian, maka teknik analisis datanya dilakukan dengan dua cara. Pertama, untuk data skor pengolahannya dilakukan dengan menyusun distribusi frekuensi untuk skor masing-masing aspek dan skor keseluruhan. Hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel, histogram dan diagram. Kedua, untuk data verbal pengolahan datanya dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip analisis teks. Pengolahan data verbal ini interpretasinya lebih banyak mengandalkan teknik konfirmasi untuk membuat kesimpulan.

Secara aspektual sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas III SDN Jedong I Wagir Kabupaten Malang dalam menulis narasi: (1) mampu menentukan judul sesuai isi cerita, (2) mampu mengembangkan tema, (3) mampu menggambarkan tokoh dan penokohan, (4) mampu membuat alur cerita secara runtut, (5) mampu menggambarkan latar cerita, (6) mampu menggunakan diksi secara tepat, (7) tidak mampu menggunakan struktur kalimat dengan tepat, (8) tidak mampu mengembangkan paragraf, dan (9) tidak mampu menggunakan ejaan dan tanda baca secara tepat.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran utama yang perlu dikemukakan dalam penelitian ini yaitu hendaknya terus dilakukan pembenahan dan pembinaan pembelajaran bahasa khususnya peningkatan kemampuan menulis di sekolah dasar. Upaya pembinaan hendaknya memperhatikan secara cermat kelemahan-kelemahan yang terdapat pada penguasaan aspek-aspek kemampuan menulis tersebut.