SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Resepsi Mahasiswa UM terhadap Novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy

Muhammad Hambali

Abstrak


Novel Ayat-ayat Cinta ini merupakan novel religi yang sangat bagus untuk khalayak pembaca, terutama kepada mahasiswa, karena novel ini mengangkat tema tentang norma kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan perilaku mahasiswa. Novel ini termasuk salah satu novel fenomenal yang disambut baik oleh pembaca. Hal ini terbukti dari penjualan novel ini yang menembus level best seller, serta telah diterjemahkan dalam beberapa bahasa asing. Di samping novel Ayat-ayat Cinta ini sangat menarik karena banyak terdapat informasi baru, novel ini juga mampu menyuguhkan diri menjadi novel budaya, novel politik, novel reliji, novel etika, novel bahasa, novel fikih, dan novel dakwah sehingga sangat menarik untuk dibaca oleh mahasiswa yang aktivis dan yang bukan aktivis.

Dalam kurun waktu terakhir ini para ahli menyadari pentingnya pembaca sebagai penerima informasi dan pemberi makna terhadap sebuah karya sastra. Dalam kaitannya pembaca sebagai penerima informasi dan pemberi makna, maka diperlukan pembahasan mengenai resepsi pembaca terhadap novel tersebut. Resepsi dalam penelitian ini diartikan sebagai penerimaan pembaca terhadap sebuah karya sastra, baik penerimaan aktif maupun pasif.

Terdapat 5 (lima) permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini. Permasalahan tersebut adalah alur, tokoh dan perwatakan, latar, gaya bahasa, dan nilai. Secara umum penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan resepsi pembaca terhadap novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy.  Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerimaan mahasiswa terhadap unsur alur, tokoh dan perwatakan, latar, gaya bahasa, dan nilai yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan motode kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan resepsi. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa UM yang terdiri dari 20 orang (5 mahasiswa laki-laki dan 5 wanita yang ikut organisasi KAMMI, 5 mahasiswa laki-laki dan 5 wanita yang tidak ikut organisasi kami/biasa) yang sudah membaca novel Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah berupa angket. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada pembaca khususnya mahasiswa laki-laki dan wanita yang kuliah di UM. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Teknik ini digunakan  untuk mendeskripsikan resepsi mahasiswa UM terhadap alur, tokoh dan perwatakan, latar, gaya bahasa, dan nilai yang ada dalam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy.

Hasil penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut. Resepsi  mahasiswa terhadap alur dalam cerita novel Ayat-ayat Cinta sesuai dengan harapan. Hal ini dapat dibuktikan dari masing-masing indikator, bahwa resepsi mahasiswa terhadap alur novel Ayat-ayat Cinta untuk mahasiswa laki-laki dan mahasiswa wanita menyatakan dapat menerima rangkaian kejadian yang dipaparkan dalam novel ini. Rangkaian kejadian mulai dari perkenalan, komplikasi, konflik, klimaks, dan penyelesaian dipaparkan sangat jelas dan logis. Hal yang kurang dapat diterima adalah akhir cerita yang kurang sesuai dengan yang diharapkan.

Resepsi mahasiswa baik laki-laki maupun wanita terhadap tokoh dan perwatakan dalam novel Ayat-ayat Cinta ini dapat dikatakan positif karena tokoh dan perwatakan yang disampaikan dalam novel Ayat-ayat Cinta ini sesuai dengan karakter manusia yang sebenarnya serta menampilkan karakter yang beragam yang membedakan satu tokoh dengan tokoh lainnya. Karakter yang kurang dapat diterima adalah karakter yang diemban oleh tokoh utamanya karena dianggap terlalu sempurna. Resepsi mahasiswa baik laki-laki maupun wanita terhadap latar dalam novel Ayat-ayat Cinta sesuai dengan yang diharapkan karena latar baik latar tempat maupun latar sosial yang dilukiskan dalam novel ini sangat jelas sehingga dapat digambarkan dalam benak pembaca dan dapat menyentuh emosi pembaca.

Resepsi mahasiswa baik laki-laki maupun wanita terhadap gaya bahasa yang disampaikan dalam novel Ayat-ayat Cinta ini adalah bahwa gaya bahasa dalam novel ini disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dapat menyentuh emosi pembaca, serta keterampilan dalam memadukan beberapa bahasa asing dapat memperindah gaya bahasa dalam novel ini. Adapun hal yang masih kurang dapat diterima adalah pengggunaan bahasa asing terlalu banyak sehingga kurang dapat dipahami. Resepsi mahasiswa baik laki-laki maupun wanita terhadap nilai-nilai dalam novel Ayat-ayat Cinta ini adalah dapat digambarkan sebagai berikut: sebagian besar mahaiswa/responden dapat menerima nilai-nilai yang terkandung dalam novel tersebut karena novel ini penuh dengan nilai-nilai religius dan nilai universal yang dapat diterima oleh semua golongan. Sedangkan nilai yang tidak dapat diterima adalah nilai jelek dari sebagian orang Mesir yang ada dalam novel ini.

Adapun saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada peneliti berikutnya dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan  mengadakan penelitian yang lebih komrehensif, karena penelitian ini hanya membahas dari beberapa sisi permasalahan.


Teks Penuh: DOC