SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kalimat Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Tunarungu Mahasiswa Tunarungu Universitas Brawijaya

Naila Khairil Mala

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi secara objektif mengenai penggunaan kalimat dalam karangan ilmiah mahasiswa tunarungu berdasarkan kelengkapan unsurnya dan jumlah klausanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis rancangan yang digunakan adalah analisis teks. Data penelitian ini berupa kalimat bahasa Indonesia pada karangan ilmiah mahasiswa tunarungu. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah karangan ilmiah mahasiswa Universitas Brawijaya angkatan tahun 2017. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh dua simpulan terkait penelitian ini. Pertama, kalimat berdasarkan kelengkapan unsurnya terdiri atas kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap. Kedua, kalimat berdasarkan jumlah klausanya terdiri atas kalimat sederhana dan kalimat luas. Selanjutnya, kalimat luas dibagi lagi atas kalimat luas setara, kalimat luas tidak setara, dan kalimat campuran.

Kata Kunci: kalimat, karangan ilmiah, mahasiswa tunarungu

 

ABSTRACT

 

This study was conducted to obtain an objective description of the use of sentences in the scientific essays of deaf students based on their completness of the sentences and the number of clauses. The approach used in this research is qualitative and the type used is text analysis. The data of this study are Indonesian sentences in the scientific essays of deaf students. The source of the data used in this study is the scientific essays of Universitas Brawijaya deaf students year of 2017. Two conclusions related to this study were obtained. First, the sentences based on completness of the sentences consist of complete sentences and incomplete sentences. Complete sentences are more dominant used by deaf students in composing scientific essays compared to incomplete sentences. Second, sentences based on the number of clauses consist of simple sentences and broad sentences. Furthermore, broad sentences are subdivided into balanced broad sentences, broad sentences are not comparable, and mixed sentences.

Keyword: sentences, scientific essay, deaf student

asiswa Tunarungu Universitas Brawijaya. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: Prof. Dr. Sumadi, M.Pd.

Kata Kunci: kalimat, karangan ilmiah, mahasiswa tunarungu

Karangan ilmiah merupakan salah satu media komunikasi akademik untuk mengomunikasikan gagasan peneliti kepada masyarakat ilmiah. Karangan ilmiah yang baik dapat dilihat melalui penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan dalam karangan ilmiah harus jelas, lugas, hemat, dan sederhana. Sementara itu, produksi bahasa dari mahasiswa tunarungu masih sederhana bahkan seringkali ditemukan kerancuan dalam kalimatnya. Terkait hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi secara objektif mengenai penggunaan kalimat dalam karangan ilmiah mahasiswa tunarungu berdasarkan kelengkapan unsurnya dan jumlah klausanya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis rancangan yang digunakan adalah analisis teks. Data penelitian ini berupa kalimat bahasa Indonesia pada karangan ilmiah mahasiswa tunarungu. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah karangan ilmiah mahasiswa Universitas Brawijaya angkatan tahun 2017. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah penugasan. Selanjutnya, analisis data penelitian ini menggunakan model Creswell yang terdiri atas 6 langkah. Langkah 1, mengolah dan mempersiapkan data dengan cara memilah karangan yang layak untuk dijadikan obek penelitian. Langkah 2, membaca keseluruhan data disertai pencatatan khusus ataupun umum terkait data yang diperoleh. Langkah 3, mulai mengkode semua data dengan mengelompokkan ke dalam kategori-kategori sesuai dengan fokus penelitian yang telah ditentukan. Langkah 4, menerapkan proses kodifikasi dengan mengidentifikasi setiap korpus data. Langkah 5, menunjukkan cara penyajian setiap kategori data dalam bentuk narasi/laporan kualitatif. Langkah 6, menginterpretasikan hasil analisis data.  

Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh dua simpulan terkait penelitian ini. Pertama, kalimat berdasarkan kelengkapan unsurnya terdiri atas kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap. Kalimat lengkap lebih dominan dipakai mahasiswa tunarungu dalam menyusun karangan ilmiah dibandingkan dengan kalimat tidak lengkap. Kedua, kalimat berdasarkan jumlah klausanya terdiri atas kalimat sederhana dan kalimat luas. Selanjutnya, kalimat luas dibagi lagi atas kalimat luas setara, kalimat luas tidak setara, dan kalimat campuran. Kalimat sederhana lebih dominan dipakai mahasiswa tunarungu dalam menyusun karangan ilmiah. Hal ini disebabkan oleh minimnya perbendaharaan kata yang dimiliki oleh mahasiswa tunarungu.