SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PERTANYAAN MENUJU PARAGRAF (PMP) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA MTs KELAS VIII

Andhika Qurratul Aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi PMP dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa SMP kelas VIII pada aspek (1) menulis judul, (2) menulis tesis, (3) menulis argumen, (4) menulis penegasan ulang, dan (5) kebahasaan teks eksposisi. Rancangan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denagn jenis penelitian kuasi eksperimen dengan uji beda sampel berpasangan untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa strategi PMP efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa SMP kelas VIII pada aspek menuli sstruktur teks namun tidak efektif digunakan pada aspek menulis judul dan aspek kebahasaan teks eksposisi.

 

Kata kunci : efektivitas, strategi PMP, menulis, teks eksposisi.

 

ABSTRACT

 

The purposes of this research consist of know the effectiveness of the PMP strategy that is used to (1) write tilte of exposition text, (2) write exposition text thesis, (3) write exposition text arguments, (4) write a reaffirmation of exposition text, (5) liguistic aspects of text exposition. This research used quantitative research that consisted of a quasi-experimental research design in the pretest-posttest paired sample test design. The results in the group showed that the Strategy Towards Paragraph (PMP) is effectively to write the exposition text of class VIII students junior hight school, but not efectively to write title of exposition title anda linguistic aspects.

 

Keywords : Question Towards Paragraph Strategies (PMP), ability to write exposition text, exposition text