SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS 7H SMPN 12 MALANG

Erike Rusita Ulfi

Abstrak


RINGKASAN

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative script dalam pembelajaran menceritakan kembali teks fabel siswa kela 7H SMPN 12 Malang. Rumusan masalah, yaitu (1) bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran menceritakan kembali teks fabel dengan model Cooperative Script, (2) bagaimanakah peran siswa dalam pembelajaran menceritakan kembali teks fabel dengan model Cooperative Script, (3) bagaimanakah hasil kompetensi siswa dalam menceritakan kembali. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah peran guru dan siswa dalam pembelajaran menceritakan kembali teks fabel, kemudian skor dari menceritakan kembali teks fabel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes praktik. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, RPP, rubrik penilaian, dan tes. Hasil penelitian menunjukan Pertama peran guru ditemukan yaitu guru berperan sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator, serta evaluator. Kedua peran siswa ditemukan yaitu siswa berperan sebagai sktif berdiskusi, aktif menjawab pertanyaan, aktif bertanya, dan mendapatkan informasi. Ketiga hasil penilaian guru terhadap kompetensi siswa dalam menceritakan kembali