SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN TENTANG FILM PENDEK "PLES" SISWA SMP NEGERI 2 TUREN

sholikha nisa`u al mufidah

Abstrak


RINGKASAN

Al Mufidah, Nisa`u Sholikha. 2019. Kemampuan Menulis Teks Ulasan tentang Film Pendek “PLES” Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Turen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Pidekso Adi M.Pd.

Kata Kunci: kemampuan menulis, teks ulasan, tentang film pendek

Menulis teks ulasan tentang film pendek terdpat dalam KD 4.12 kurikulum 2013 kelas VIII. Teks ulasan adalah teks yang berisikan tentang penilaian suatu karya sastra seperti novel, cerpen, film/drama. Film pendek merupakan suatu  film yang memiliki durasi pendek yaitu kurang dari 60 menit. Peneliti memilih film pendek yang berjudul “PLES” karena film tersebut memiliki banyak pesan moral di dalamnya, sangat inspiratif dan dapat meningkatkan pendidikan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis siswa dalam menulis teks ulasan tentang film pendek “PLES”. Empat aspek struktur teks ulasan yang diteliti adalah aspek orientasi, aspek tafsiran, aspek evaluasi, aspek rekomendasi.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Turen dengan populasi berjumlah 257 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara mengambil 20%-25% sehingga sampel yang diambil berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Random Sampling cara tersebut dilakukan karena anggota populasi homogen. Instrumen penelitian berupa perintah penugasan menulis teks ulasan tentang film pendek “PLES”. Pengumpulan data menggunakan empat langkah sebagai berikut

(1) melaksanakan tes,

(2) memberi kode pada data dan,

(3) melakukan identifikasi serta pemilihan sumber data yang telah dikumpulkan. Analisis data menggunakan tiga langkah

(1) menganalisis data,

(2) menghitung nilai kemampuan siswa dan,

(3) membuat klasifikasi kemampuan siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa sudah bisa menulis teks ulasan pada aspek orientasi karena mendapatkan nilai rata-rata di atas KKM. Siswa yang memiliki kualifikasi sangat mampu sebesar 41,7% (25 siswa). Siswa yang memiliki kualifikasi mampu sebesar 41,7% (25 siswa). Siswa yang memiliki kualifikasi cukup mampu sebesar 15% (9 siswa). Siswa yang memiliki kualifikasi kurang mampu sebesar 1,7% (1 siswa). Sebagian siswa sudah bisa menulis teks ulasan pada aspek tafsiran namun mendapatkan nilai rata-rata di bawah KKM. Siswa yang memiliki kualifikasi sangat mampu sebesar 30% (18 siswa). Siswa yang memiliki kualifikasi mampu sebesar 35% (21 siswa). Siswa yang memiliki kualifikasi cukup mampu sebesar 30% (18 siswa). Siswa yang memiliki kualifikasi kurang mampu sebesar 5% (3 siswa). Sebagian besar siswa sudah bisa menulis teks ulasan pada aspek evaluasi karena mendapatkan nilai rata-rata di atas KKM. Siswa yang memiliki kualifikasi sangat mampu sebesar 65% (39 siswa). Siswa yang memiliki mampu sebesar 25% (15 siswa). Siswa yang memiliki kualifikasi cukup mampu sebesar 8,3% (5 siswa). Siswa yang memiliki kualifikasi kurang mampu sebesar 1,7% (1 siswa). Sebagian siswa sudah bisa menulis teks ulasan pada aspek rekomendasi namun mendapatkan nilai rata-rata di bawah KKM. Siswa yang memiliki kualifikasi sangat mampu sebesar 25% (15 siswa). Siswa yang memiliki mampu sebesar 38,3% (23 siswa). Siswa yang memiliki kualifikasi cukup mampu sebesar 36,7% (22 siswa). Tidak ada siswa yang memiliki kualifikasi kurang mampu.

Disimpulkan dari keseluruhan aspek yang telah dianalisis siswa paling bisa menulis pada aspek evaluasi sedangkan siswa kurang mampu menulis pada aspek rekomendasi. Pada aspek rekomendasi siswa masih kurang mampu dalam memberi saran pada film. Diketahui bahwa kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Turen sebagian siswa sudah dapat menulis struktur teks ulasan dengan baik dan benar serta nilai rata-rata keseluruhan siswa sudah mencapai KKM maka nilai rata-rata siswa dalam menulis struktur teks ulasan tergolong dalam kategori mampu. Media yang berbentuk audio visual ini dianggap mampu membangkitkan minat siswa dalam belajar. Selain itu media audio visual merupakan media yang dapat mendorong keinginan siswa untuk menyimak dengan baik, sebab sifat audio visual yang tidak mudah membuat bosan dengan gambar yang menarik dan siswa lebih mudah dalam memahaminya.

Berdasarkan hasil simpulan, disarankan kepada pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, guru sebagai pengajar mata pelajaran disarankan untuk lebih bersikap kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kemampuan menulis teks ulasan siswa agar dapat mencapai suatu kompetensi pembelajaran. Kedua, sekolah disarankan agar lebih meningkatkan kegiatan literasi yang telah ada agar lebih maksimal karena kegiatan literasi merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan. Ketiga, peneliti selanjutnya disarankan agara melakukan penelitian tentang kemampuan menulis teks ulasan pada aspek kebahasaan dan menggunakan media yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan dalam berbagai karya yang diulas.