SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teknik Persuasi dan Gaya Bahasa Wacana Iklan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pada Stasiun Televisi

Pinayungan Herwan Daulat

Abstrak


 

 

Pinayungan, Herwan Daulat. 2019. Teknik Persuasi dan Gaya Bahasa Wacana Iklan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pada Stasiun Televisi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Suparno.

Kata kunci: iklan FMCG, teknik persuasi, gaya bahasa

Iklan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran suatu produk atau jasa. Keberhasilan iklan tidak terlepas dari penggunaan teknik persuasi dan gaya bahasa untuk menarik minat masyarakat. Tidak terkecuali dengan iklan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang sudah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Penggunaan teknik persuasi dan gaya bahasa pada iklan FMCG perlu untuk diteliti karena dapat mengubah perilaku calon konsumen yang awalnya sama sekali tidak berniat membaca atau mendengarkan sebuah iklan menjadi tertarik untuk menyimak dan memperhatikan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan

(1) teknik persuasi dan

(2) gaya bahasa yang digunkan dalam iklan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pada stasiun televisi. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa data verbal yang menunjukkan penggunaan teknik persuasi dan gaya bahasa pada wacana iklan FMCG. Sumber data penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer berupa tayangan iklan FMCG di televisi dan unggahan iklan FMCG di Youtube. Sumber data sekunder berupa hasil transkripsi iklan FMCG dalam bentuk teks iklan. Proses pengambilan sumber data menggunakan instrumen berupa panduan identifikasi sumber data, panduan perekaman dan pengunduhan sumber data serta panduan transkripsi sumber data. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak, teknik rekam, teknik transkrip dan teknik identifikasi sesuai dengan panduan pengumpulan data. Pada tahap analisis data, peneliti membaca dan mengidentifikasi data yang telah terkumpul, mengklasifikasi data sesuai dengan sistem kodifikasi dan dianalisis menggunakan indikator yang mengacu pada fokus penelitan.

 

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, ditemukan penggunaan teknik persuasi dan gaya bahasa pada iklan FMCG. Pertama, teknik persuasi yang digunakan yaitu teknik resiprositas, teknik pujian, teknik reputasi, teknik tantangan, teknik partisipasi, teknik asosiasi, teknik pemberian hadiah, teknik ketidaksesuaian perilaku, teknik membungkus, teknik argumentasi dan teknik kolaborasi. Teknik persuasi yang paling sering digunakan pada iklan FMCG adalah teknik pemberian hadiah. Kedua, gaya bahasa yang digunakan yaitu klimaks, antiklimaks, antitesis, repetisi, asonansi, aliterasi, asindeton, polisindeton, erotesis, hiperbola, simile, personifikasi dan epitet. Gaya bahasa yang paling sering digunakan pada iklan FMCG adalah repetisi. Hal ini dikarenakan suatu bentuk perulangan dapat membekas pada pikiran seseorang sehingga pesan yang diulang akan mudah diterima dan diingat oleh calon konsumen.