SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas X SMAN 3 Kediri

Nindya Ayu Saraswati

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian pengembangan bahan ajar teks eksposisi berbasis kearifan lokal ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan bahwa saat ini penurunan wawasan siswa terhadap kearifan lokal daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar yang mampu membantu siswa dalam proses pembelajaran dan menambah wawasan siswa terhadap kearifan lokal daerah yang memiliki kelayakan produk dari segi

(1) isi,

(2) penyajian,

(3) penggunaan bahasa, dan

(4) tampilan serta layak untuk proses pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari prosedur penelitian dan pengembangan Bord dan Gall. Jenis data dalam penelitian ini adalah data verbal dan nonverbal. Pengumpulan data penelitian melalui angket, lembar penilaian, dan tes. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid, dan sudah layak dan dapat diimplementasikan.

Kata kunci : pengembangan bahan ajar, teks eksposisi, kearifan lokal  

ABSTRACT

This research on the development of teaching materials on exposition text based on local wisdom is motivated by the results of preliminary studies on the current changes in students' insight into the local wisdom of the region. The purpose of this study is to develop teaching materials that help students in the learning process and increase students' insight into local wisdom that has product feasibility in terms of

(1) content,

(2) presentation,

(3) use of language, and

(4) appearance and feasibility for the learning process in accordance with the 2013 Curriculum. This research uses research and development methods adapted from the research and development procedures of Bord and Gall. The type of data in this study are verbal and nonverbal data. Collection of research data through questionnaires, assessment sheets, and tests. Based on the analysis, the data concludes that teaching materials developed are valid, and that they are feasible and applicable.

Keywords: development of teaching materials, exposition text, local wisdom