SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA BERDASARKAN KATEGORI LINGUISTIK PADA TUTURAN MAHASISWA ASING DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BIPA

Lely Kartikasari

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan diksi dalam tuturan mahasiswa asing UM saat pembelajaran BIPA, mendeskripsikan kesalahan penggunaan diksi yang sering terjadi dalam tuturan mahasiswa asing UM saat pembelajaran BIPA, dan mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan penggunaan diksi dalam tuturan mahasiswa asing UM saat pembelajaran BIPA. Data penelitian ini berupa tuturan mahasiswa asing baik dengan pengajar maupun dengan tutor selama pembelajaran BIPA yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan penggunaan diksi pada aspek

(1) kebakuan kata,

(2) kecermatan kata,

(3) ketepatan kata,

(4) kelaziman kata, dan

(5) keserasian kata.

Kata Kunci: kesalahan, penggunaan diksi, tuturan, pembelajaran BIPA

ABSTRACT

The aims of this researchto describes errorsthe use of diction in the utteranceof foreign students UM during BIPA learning, describeserrorsthe use of diction which often occur in the utterance of foreign students during the BIPA learning, and describes the causative factor of error in the use of diction in theutterance of foreign students during BIPA learning. The research data is in the form of utteranceby foreign students both with lecturers and tutors during BIPA learning in accordance with the focus of the research. The results of this researchshows that there are errors in the use of diction in aspects

(1) word rigidity,

(2) word prudence,

(3) word accuracy,

(4) word prevalence, and

(5) word harmony.

Keywords: errors, diction usage, utterance, BIPA learning