SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Teks Berita Bagi Siswa SMP Kelas VIII

Handini Annestiana

Abstrak


RINGKASAN

Handini, Annestiana. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Teks Berita Bagi Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

Kata Kunci : video pembelajaran, membaca, teks berita

Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan telah menyediakan sarana dan prasarana TIK di sekolah yang menuntut guru meningkatkan frekuensi pembelajaran menggunakan teknologi. Guru membutuhkan media pembelajaran berbasis teknologi yang mudah digunakan, efektif, dan menarik bagi siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan video pembelajaran. Video pembelajaran dapat dijadikan salah satu media alternatif dalam pembelajaran membaca teks berita. Teks berita merupakan salah satu teks yang dipelajari pada kurikulum 2013 pada jenjang SMP kelas VIII.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran membaca teks berita bagi siswa SMP kelas VIII untuk dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif, praktis, dan menarik. Hal ini diharapkan dapat memunculkan minat siswa terhadap membaca teks berita dan mencapai tujuan pembelajaran.

Desain penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam pengembangan video ini adalah desain penelitian dan pengembangan Sadiman. Prosedur penelitian Sadiman memiliki delapan langkah, yaitu meliputi,

(1) identifikasi kebutuhan,

(2) perumusan tujuan,

(3) mengembangkan materi pembelajaran,

(4) pengembangan alat ukur keberhasilan,

(5) penulisan naskah media,

(6) produksi media,

(7) uji coba media dan revisi, dan

(8) produk akhir. Delapan langkah tersebut dimodifikasi menjadi sepuluh langkah dengan menambahkan uji coba oleh ahli dan revisi, menjadi seperti berikut

(1) identifikasi kebutuhan,

(2) merumuskan tujuan,

(3) mengembangkan materi pembelajaran,

(4) pengembangan alat ukur keberhasilan media,

(5) penyusunan naskah media,

(6) produksi media,

(7) uji coba media oleh ahli,

(8) revisi media,

(9) uji coba lapangan (praktisi dan siswa), dan

(10) revisi dan produk akhir.

Uji coba pada penelitian dan pengembangan video pembelajaran membaca teks berita bagi siswa kelas VIII dilakukan oleh, ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran bahasa Indonesia, guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 15 Malang, dan siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 15 Malang. Pada penelitian ini menggunakan jenis data verbal dan data non-verbal. Data verbal berupa wawancara kepada guru, komentar, dan saran. Data non-verbal berupa skor yang terdapat dalam angket terhadap penilaian video pembelajaran membaca teks berita. Data verbal berupa catatan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, komentar, saran, dan kritik yang diperoleh dari ahli media, ahli materi, praktisi, dan siswa. Data non-verbal berupa skor yang diperoleh dari hasil penilaian pada angket ahli media, ahli materi, praktisi, dan siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari

(1) pedoman wawancara, dan

(2) angket. Pedoman wawancara pada prapengembangan digunakan sebagai instrumen pengumpulan data awal pada tahap studi pendahuluan. Angket pada tahap uji coba produk meliputi

(1) angket uji ahli media,

(2) angket uji ahli materi,

(3) angket uji praktisi, dan

(4) angket siswa. Keempat angket tersebut digunakan sebagai instrumen pengumpulan data untuk penilaian produk yang dikembangkan.

Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media video pembelajaran membaca teks berita bagi siswa SMP kelas VIII. Hasil uji kelayakan oleh ahli media diperoleh persentase rata-rata 95% dengan kriteria sangat layak, hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh persentase rata-rata  97,67% dengan kriteria sangat layak, hasil uji validasi oleh praktisi diperoleh persentase rata-rata 96,5% dengan kriteria sangat layak, dan hasil uji validasi oleh siswa diperoleh persentase rata-rata 87,5%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka video pembelajaran membaca teks berita bagi siswa SMP kelas VIII yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan sangat layak untuk digunakan.

 

Simpulan penelitian dan pengembangan ini adalah video pembelajaran membaca teks berita bagi siswa SMP kelas VIII yang dikembangkan menunjukkan produk tergolong layak dan efektif dalam penggunaannya. Sebagai langkah pemanfaatan produk, untuk guru bahasa Indonesia kelas VIII diharapkan memanfaatkan video ini untuk membimbing siswa memahami isi teks berita, melatih kemampuan membaca berita siswa, dan menciptakan suasana dan pengalaman belajar yang baru bagi siswa, untuk siswa kelas VIII diharapkan memanfaatkan video pembelajaran ini sebagai sarana memahami teks berita dengan mudah dan melatih kemampuan membaca teks berita siswa secara mandiri, dan untuk pengembang lain diharapkan memanfaatkan video ini sebagai contoh atau rujukan dalam mengembangkan video pembelajaran lainnya.