SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kriminalitas Tokoh Winarsih dalam Novel 5 Kelopak Mawar Berbisa Karya Ria Jumriati

Puspita Windusiyam

Abstrak


Kata Kunci: apresiasi novel, tokoh, kriminalitas

Novel adalah sebuah kaya sastra yang menggambakan sebuah realitas sosial yang terdapat dalam kehidupan di masyarakat. Kisah dalam novel populer maupun kontemporer umunya menggunakan tokoh manusia. Tokoh perempuan banyak digunakan karena banyak memberikan sebuah gambaran yang menyentuh dalam kehidupan di masyarakat. Seorang tokoh prempuan dalam sebuah novel yang melakukan sebuah tindak kriminalitas mendapatkan banyak sorotan. Tindak kriminalitas yang digambarkan dalam novel ini memperlihatkan bahwa seorang perempuan juga mampu melindungi dirinya sendiri. Fokus penelitian ini ada tiga, yakni:

(1) bentuk tindak kriminalitas tokoh,

(2) penyebab tindak kriminalitas tokoh, dan

(3) dampak tindak kriminalitas terhadap kondisi psikologis tokoh dan terhadap lingkungan sosial yang dialami Tokoh Winarsih.

Penelitian ini merupakan penelitian sendiri dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berupa narasi, dialog dan monolog yang mencerminkan tindak kriminalitas yang dilakukan oleh tokoh Winarsih. Sumber data merupakan novel 5 Kelopak Mawar Berbisa Karya Ria Jumiati. Instrumen menggunakan penelitian sendiri dibantu dengan tabel pengumpulan data dan analisis data yang diperoleh dari teknik analisis data enam tahap, yakni: reduksi data, pengkodean, penggolongan, penafsian, penarikan kesimpulan,dan pemeriksaan ulang.

Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal.PertamaTindak kriminalitas yang dilakukan tokoh mengakibatnya banyak nyawa yang tidak bersalah melayang. Kedua penyebab tindak kriminalitas yang dilakukan oleh tokoh merupakan akibat dari dendam terhadap kaum yang menyakiti ibunya dan trauma akibat tekanan di lingkungan sosial tempat tinggalnya. Ketiga dampak psikologis dan dampak terhadap lingkungan sosial yang dialamitokoh Winarsih yaknipemikiran untuk terus melakukan tindak kriminalitas, serta upaya mempengaruhi seluruh keturunannya untuk melakukan tindak pembunuhan terhadap pria keturunan Jepang.

 

Saran dari penelitian ini adalah pada peristiwa-peristiwa yang dialami oleh tokoh Winarsih merupakan tindak kriminalitas dampak dari masa lalu kelam kedua orang tuanya. Hal ini membuat para pembaca terinspirasi untuk menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu,penelitian ini akan membuat pembaca memahami dan mengambil pelajaran baik serta nilai-nilai ketaatan diri terhadap budaya bangsa Indonesia.