SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penilaian Autentik Keterampilan Menulis dalam Buku Siswa Kelas VII

Nurul Laili

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk tugas penilaian autentik keterampilan menulis pada buku siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Hasil penelitian penilaian autentik keterampilan menulis ini berupa bentuk tugas menulis terbimbing dan menulis mandiri. Bentuk tugas menulis terbimbing mencakup melengkapi unsur teks, mengubah dan memperbaiki teks, serta mengurutkan unsur teks. Bentuk tugas menulis mandiri mencakup menulis dengan pemberian kriteria, menulis dengan petunjuk bertahap, menulis dengan rangsang konteks daerah, menulis dengan tahapan melakukannya, menulis dengan rangsang tujuan, menulis dengan media e-mail, menulis dengan rangsang peristiwa, serta menulis rangsang konteks. Temuan tersebut membuktikan bahwa bentuk tugas yang diberikan dalam buku siswa sangat beragam bentuknya sehingga dapat membantu siswa dalam belajar jenis teks yang terdapat dalam buku siswa.

Kata Kunci: penilaian autentik, bentuk tugas, menulis terbimbing, menulis mandiri

ABSTRACT

The aim of this research to describe form of the task authentic assessment writing skills in student books junior high school 7th grade. This research uses a qualitative research design with content analysis approach. The result of the research authentic assessment of writing skills in the form of guided writing and independent writing. Forms of guided writing assignments include completing text elements, changing and correcting text, and sorting text elements. The form of independent writing assignments includes writing by giving criteria, writing with gradual instructions, writing with stimulating regional contexts, writing with stages of doing it, writing with goal stimuli, writing with e-mail media, writing with event stimuli, and writing context stimuli. These findings prove that form of tasks is given in the student book very diverse forms so that it can help student learn the types of texts contained in student books.

Key word: authentic assessment, form of task, guided writing, independent writing