SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Argumentasi pada Teks Editorial Media Indonesia Bertema Sosial dan Politik

NANA NUR CAHYA

Abstrak


Kata kunci: teks editorial, argumentasi, proposisi, evidensi, konklusi.

Teks editorial adalah salah satu jenis teks media massa yang digunakan untuk menyampaikan pendapat dan sudut pandang media terhadap fenomena atau peristiwa. Penyampaian pendapat dan sudut pandang media melalui teks editorial dilakukan dengan memberi argumen. Argumentasi adalah salah satu bentuk keterampilan beretorika yang digunakan untuk memengaruhi orang lain disertai bukti sebagai penguat. Argumentasi memiliki tiga unsur, yaitu proposisi argumentatif, evidensi argumentatif, dan konklusi argumentatif.  Secara umum, penelitian ini difokuskan pada argumentasi teks editorial Media Indonesia bertema sosial dan politik. Secara khusus, penelitian ini difokuskan pada proposisi argumentatif, evidensi argumentatif, dan konklusi argumentatif pada teks editorial Media Indonesia bertema sosial dan politik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdenganjenis penelitian analisis teks.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dokumen tertulis berupa teks editorialMedia Indonesiabertema sosial dan politik. Sumber data penelitian ini adalah teks editorial yang termuat dalam situs resmi Media Indonesia.  Data penelitian berupa kalimat dan paragraf yang berisi proposisi argumentatif, evidensi argumentatif, dan konklusi argumentatif.  Penelitian ini dilakukan dengan studi dokumentasi yang diawali dengan pengumpulan data untuk memeroleh dan menyortir data sesuai dengan kebutuhan penelitian. Tahap selanjutnya adalah analisis datayang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu mendeskripsikan data, menafsirkan data, dan menjelaskan data.

Tahap analisis data diawali dengan mendeskripsikan data untuk menggambarkan secara rinci dan  sistematis data yang ada. Selanjutnya, menafsirkan data dengan cara menganalisis data sesuai dengan teori atau temuan lainnya. Tahap yang terakhir adalah menjelaskan data dengan cara menguraikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh tiga kesimpulan dan hasil penelitian sebagai berikut.

Pertama, proposisi argumentatif terbagi menjadi tiga jenis, yaitu

(1) proposisi pendirian faktual,

(2) proposisi pendirian penilaian, dan

(3) proposisi pendirian kebijakan. Proposisi pendirian faktual terbagi menjadi tiga jenis, yaitu proposisi hubungan, proposisi prakiraan, dan proposisi fakta sejarah. Proposisi pendirian penilaian terbagi menjadi dua jenis, yaitu proposisi penilaian positif dan proposisi penilaian negatif.  Proposisi kebijakan terbagi menjadi dua, yaitu proposisi kebijakan sikap dan proposisi kebijakan saran. Adanya proposisi argumentatif bertujuan untuk mengetahui topik yang menjadi fokus pembahasan secara keseluruhan melalui pernyataan yang telah dibuat.

Kedua, evidensi argumentatif terbagi menjadi dua kategori, yaitu

(1) evidensi kategori fakta dan

(2) evidensi kategori opini. Evidensi fakta terbagi menjadi empat jenis, yaitu evidensi  peristiwa, evidensi data statistik, evidensi otoritas, dan evidensi acuan normatif. Evidensi opini terbagi menjadi dua, yaitu evidensi hasil analisis dan evidensi hasil penilaian. Adanya evidensi argumentatif bertujuan untuk memerkuat argumentasi yang dibuat berdasarkan bukti-bukti pendukung.

Ketiga, konklusi argumentatif terbagi menjadi dua kategori, yaitu

(1) konklusi saran dan

(2) konklusi harapan. Konklusi saran terbagi menjadi empat, yakni konklusi ajakan, konklusi imbauan, konklusi usulan, dan konklusi tuntutan. Konklusi harapan terbagi menjadi dua, yaitu konklusi harapan jangka pendek dan konklusi harapan jangka panjang. Konklusi argumentatif  bertujuan untuk merangkum dan mengingatkan kembali pada topik yang menjadi pembahasan, serta memuat tujuan argumentasi yang disampaikan.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada mahasiswa untuk menggunakan penelitian ini guna menjadi sarana pengembangan kemampuan menulis teks editorial. Bagi guru bahasa Indonesia dapat menggunakan penelitian ini untuk bahan referensi dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti lain, disarankan untuk dapat mengembangkan penelitian terkait argumentasi pada teks editorial.