SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai Rasa dalam Feature Human Interest pada Jawa Pos Online

SETYORINI IIN

Abstrak


RINGKASAN

Setyorini, Iin. 2019. Nilai Rasa dalam Feature Human Interest pada Jawa  Pos Online 2018. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Dawud, M.Pd.

Kata Kunci:nilai rasa, feature human interest, Jawa Pos online

Bahasa adalah alat komunikasi bagi manusia sebagai sarana untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas. Dalam suatu bahasa mengandung makna yang ingin disampaikan untuk memberikan informasi.Pada dasarnya masyarkat memerlukan informasi untuk mengetahui berbagai perkembangan dan kemajuan zaman. Informasi tersebut didapatkan dari produk jurnalistik, misalnya, feature human interest. Teks feature mengandung informasi yang lebih daripada berita, bahkan memengaruhi emosi pembaca karena mengandung nilai rasa. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rasa dalam teksfeature human interest pada Jawa Pos Online 2018.Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi yang menimbulkan nilai rasa, mengetahui paparan harapan yang menimbulkan nilai rasa, dan mengetahui ungkapan emotif yang terdapat dalam teksfeature human interestpada Jawa Pos Online 2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks. Data penelitian ini berupa penggalan teks yang berbentuk kata, frasa, klausa, kalimat, gugus kalimat maupun paragraf yang berisi deskripsi yang menimbulkan nilai rasa, paparan harapan yang menimbulkan nilai rasa, dan ungkapan emotif. Sumber data penelitian ini adalah teks feature human interest pada Jawa Pos online 2018. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi.Analisis data penelitian initerdiri atas tiga tahap, yaitu mendeskripsikan data, menafsirkan data, dan menjelaskan data. Analisis data dilakukan sejak pengumpulan data. Analisis data dimulai denganmenentukan tujuan penelitian berdasarkan fokusserta memberikan limitasi yang dilakukan dengan mengklasifikasikan data yang sudah dipilih ke dalam tabel analisis. Selanjutnya menafsirkan data,dilakukan dengan menganalisis kata, frasa, klausa, kalimat, gugus kalimat atau paragraf kemudian disesuaikan dengan teori untuk mencari bagian secara detail bahkan teori dari berbeda bidang. Setelah itu,menjelaskan data dilakukan dengan menarik kesimpulan terhadap hasil analisis kemudian melakukan diskusi dengan teman sejawat dan dosen pembimbing. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut.

Pertama, terdapat paparan deskripsi dalam teks feature human interest(online)yang terdiri atas

(1) deskripsi subjek yang menimbulkan nilai rasa,

(2) deskripsi suasana yang menimbulkan nilai rasa, dan

(3) deskripsi kronologi yang menimbulkan nilai rasa. Deskripsi subjek yang menimbulkan nilai rasa dapat dibedakan berdasarkan deskripsi kisah kesedihan yang menimbulkan nilai rasa, deskripsi hal yang dilakukan yang menimbulkan nilai rasa, deskripsi pekerjaan yang menimbulkan nilai rasa, deskripsi fisik yang menimbulkan nilai rasa, dan deskripsi watak yang menimbulkan nilai rasa. Deskripsi suasana dibedakan berdasarkan suasana mengharukan dan suasana menegangkan, Deskripsi kronologi yang menimbulkan nilai rasa dibedakan berdasarkan kronologi masa lalu, kronologi yang menimbulkan nilai rasa, dan kronologi yang akan datang. Pemaparan deskripsi bertujuan untuk menggambarkan peristiwa agar pembaca seolah-oleh dapat melihat, merasakan, dan mengalami secara langsung kejadian yang menyentuh perasaan.

Kedua,terdapat paparan harapan dalamteks feature human interest pada Jawa Pos online) yang terdiri atas

(1) harapan pada masa yang akan datang,

(2) harapan agar senantiasa bahagia. Harapan pada masa yang akan datang dibedakan berdasarkan harapan dalam jangka pendek dan harapan dalam jangka panjang. Harapan agar senantiasa bahagia juga dibedakan berdasarkan harapanagar terhindar dari kemalangan dan harapan agar lebih baik dari sebelumnya. Paparan harapan bertujuan agarmemberikan kesan kepada pembaca bahkan menyentuh emosi pembacasehingga menimbulkan nilai rasa.

Ketiga, terdapat ungkapan emotif dalam teks penulisan feature human interest pada Jawa Posonline. Ungkapan emotif tersebut terdiri atas

(1) ungkapan pertentangan dan,

(2) ungkapan perbandingan. Ungkapan pertentangan dibedakan berdasarkanungkapan hiperbola. Ungkapan perbandingan dibedakan berdasarkan ungkapan metafora dan ungkapan personifikasi. Ungkapan emotif bertujuan agar tulisan feature human interest berkesan hidup dan tidak lekas basi.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada mahasiswa pengambil paket Jurnalistik, wartawan pemula dan peneliti lainnya. Pada saat menulis teks feature human interest hendaknya memperhatikan bagian-bagian penting dan detail salah satunya penggunaan bahasa agar makna dapat tersampaikan dengan baik dan jelas serta dapat menimbulkan nilai rasa bagi pembaca. Untuk itu, perlu dipaparkan deskripsi subjek yang menimbulkan nilai rasa, deskripsi suasana yang menimbulkan nilai rasa, deskripsi kronologi yang menimbulkan nilai rasa, paparan harapan pada masa yang akan datang, paparan harapan agar senantiasa bahagia, ungkapan emotif pertentangan dan ungkapan emotif perbandingan. Bagi peneliti lain, disarankan dapat mengembangkan penelitian terkait dengan teks feature human interestmengenai nilai rasa yang terkandung didalam teks feature..