SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

strategi memahami isi bacaan siswa kelas VII D SMP Negeri 9 malang dengan teknik membaca cepat

JERO'O BERTINUS

Abstrak


ABSTRAK

Jero’o, Bertinus. 2018. Strategi Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang Dengan Teknik Membaca Cepat. Skiripsi, Program Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Pidekso Adi, M.Pd.

Kata kunci:strategi, kemampuan memahami, teknik membaca cepat

Strategi yang digunakan dalam proses membaca cepat memiliki keterkaitan langsung dengan pemahaman. Membaca berarti ada yang hendak dicari. Ketika seseorang  membaca mengandaikan sudah ada dalam dirinya kesadaran untuk mencari sesuatu yang bernilai dalam sebuah bacaan. Membaca bukan soal kecepatan, bukan pula soal  banyak halaman yang telah dibaca. Akan tetapi soal bagaimana strategi yang digunakan dalam proses membaca tersebut. Letak efektivitas dari membaca cepat ada pada keterjalinan antara strategisiswa dalam melakukan kegiatan membaca dengan kemampuan memahami isi teks bacaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan siswa dalam proses membaca cepat yang mempengaruhi kualitas kemampuan mamahami isi bacaan siswa dengan teknik membaca cepat

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil pelaksanaan kegiatan membaca dan hasil tesmemahami isi bacaan siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa manusia, yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan siswa sebagai objek yang diteliti. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengunakan teknik wawancara, observasi, dan tes kemampuan memahami isi bacaan siswa. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan pengecekan keabsahan temuan berupa kredibilitas dan kebergantungan.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengelompokan data hasil penelitian, kemudian peneliti mengolah dan menganalisis data secara deskriptif-kualitatif, kesimpulan dari peneliti.Pertama, pengelompokan data dilakukan dengan mengumpulkan data hasil wawancara dan observasi, dan data hasil tes kemampuan memahami isi bacaan siswa. Kedua, mengolah dan menganalisis sesuai dengan rumusan masalah. Ketiga, kesimpulan sementara dari peneliti yang dilakukan dengan menarik kesimpulan sementara dari data hasil penelitian.

Berdasarkanhasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan sebagai berikut. Pertama, pada saat melakukan kegiatan membaca siswa menggunakan strategi yang ditunjukkan dalam bentuk ekspresi fisik berupa membaca dengan bersuara, menggerakkan bibir, menggerakkan kepala, menunjuk dengan menggunakan jari untuk membantu keterarahan mata yang menjadi penghambat dalam proses membaca cepat. Kedua, strategi yang digunakan sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan. Strategi yang digunakan siswa tersebut berdampak pada kualitas pemahaman siswa yang rendah terhadap isi teks bacaan.