SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA SEJARAH SISWA KELAS XII MAN KOTA BATU

RIFQI MAULIDA

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh inovasi dalam dunia pendidikan yang terus dilakukan, termasuk mengembangkan ragam teks yang perlu dikuasai siswa. Salah satu ragam teks baru dalam kurikulum adalah teks cerita sejarah. teks cerita sejarah merupakan sebuah kisah yang ditulis atau dituturkan oleh seseorang dengan menggunakan sebuah peristiwa bersejarah sebagai latarnya. Tujuan dari teks cerita sejarah pribadi adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar mengenai alur terjadinya peristiwa yang dialami penulis sekaligus memberikan hiburan bagi pembaca atau pendengar. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif yang menggunakan hasil tes menulis siswa kelas XII MAN Kota Batu sebagai data. Aspek yang dinilai adalah struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks cerita sejarah pribadi.Pada dasarnya, kemampuan menulis teks cerita sejarah siswa kelas XII MAN Kota Batu tergolong baik. Hal tersebut berdasarkan hasil tes dengan rata-rata yang mencapai 78,3. Nilai ini didapat dari rata-rata nilai struktur dan rata-rata nilai kebahasaan.

Kata kunci: kemampuan menulis, cerita sejarah

ABSTRACT

This research is motivated by innovation in the world of education that continues to be carried out, including developing a variety of texts that need to be mastered by students. One of the various new texts in the curriculum is historical story text. historical story text is a story written or spoken by someone using a historical event as the background. The purpose of personal history story text is to provide information to the reader or listener about the flow of events experienced by the author while providing entertainment for the reader or listener. This research was conducted with a quantitative descriptive method that uses the results of the writing test of class XII MAN, Batu City as data. The aspects assessed are the structure of the text and elements of language in the text of personal history stories. Basically, the ability to write historical story texts of class XII MAN students in Batu City is quite good. This is based on test results with an average of 78.3. This value is obtained from the average value of the structure and the average value of language.

Keywords: writing skills, historical stories