SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Argumentasi dalam Opini di Sindonews.com

PRABAWATI RESSITA LINDA

Abstrak


RINGKASAN

Prabawati, Ressita Linda. 2019. Argumentasi dalam Opini di Sindonews.com.        Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah,    Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr.       Dawud, M.Pd.

Kata Kunci: argumentasi, opini, Sindonews.com

Argumentasi merupakan karangan yang bertujuan untuk memberikan alasan atau bukti-bukti. Bukti-bukti tersebut untuk memperkuat pandangan, pendirian, dan gagasan atau argumen yang diungkapkan penulis kepada pembaca. Tujuan diungkapkannya argumentasi ini adalah untuk meyakinkan orang lain agar sesuai dengan pemikirannya. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan argumentasi dalam opini di Sindonews.com. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemaparan data dalam opini Sindonews.com, pengungkapan argumen dalam opini Sindonews.com, dan pengungkapan simpulan dalam opini Sindonews.com.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks. Data penelitian ini berupa kalimat dan paragraf yang berisi paparan data, pengungkapan argumen, dan pengungkapan simpulan dalam opini. Sumber data penelitian ini adalah opini dalam media online Sindonews.com. Dalam penelitian ini, penulis bertindak sebagai instrumen kunci (key instrument). Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter. Data yang terkumpul berupa kalimat maupun paragraf yang berisi paparan data, pengungkapan argumen, dan pengungkapan simpulan dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu pendeskripsian data, penafsiran data, dan penjelasan data. Analisis data dimulai dengan kegiatan pendeskripsian data, yaitu menggali secara akurat fakta yang terjadi. Tahap selanjutnya, menemukan bagian dengan menyesuaikan dengan fokus yang sudah dipaparkan dan mengaitkan dengan teori. Tahap terakhir dilakukan dengan cara menarik simpulan terhadap hasil analisis. Hasil simpulan simpulan sementara ditelaah kembali dengan berdiskusi dengan dosen pembimbing dan teman sejawat. Kemudian, hasil simpulan terakhir inilah yang digunakan sebagai simpulan akhir yang benar dalam penelitian.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan dari hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, opini di Sindonews.com menggunakan pemaparan data yang terdiri atas pemaparan data primer dan pemaparan data sekunder. Pemaparan data primer dibedakan menjadi data observasi eksperimental dan data hasil pengamatan. Pemaparan data sekunder dibedakan menjadi data statistik, data ilustrasi, data referensi kepustakaan, data dari pernyataan pakar, dan data hasil penelitian. Kedua, opini di Sindonews.com menggunakan pemaparan argumen yang terdiri atas argumen hasil pemikiran penulis, argumen yang bersifat kronologis, dan argumen yang memiliki tujuan. Argumen hasil pemikiran penulis data dibedakan menjadi argumen logis, argumen aktual, dan argumen kritis. Argumen yang bersifat kronologis dapat dibedakan menjadi argumen dari masa lalu ke saat ini. Argumen yang memiliki tujuan dapat dibedakan menjadi argumen informatif, argumen rekreatif, dan argumen persuasif. Ketiga, opini di Sindonews.com menggunakan pengungkapan simpulan yang terdiri atas simpulan berdasarkan logika penulis, simpulan dengan mempertahankan pernyataan penulis, dan simpulan yang berisi harapan. Simpulan berdasarkan logika penulis dapat dibedakan menjadi simpulan pro, simpulan kontra, simpulan sebab-akibat, simpulan analogi, dan simpulan perbandingan. Simpulan dengan mempertahankan pernyataan penulis dapat dibedakan menjadi simpulan berupa ajakan dan simpulan berupa imbauan. Simpulan yang berisi harapan dapat dibedakan menjadi harapan jangka menengah dan harapan jangka panjang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada penulis opini di media online, guru bahasa Indonesia, dan peneliti lain. Peneliti menyarankan kepada penulis opini di media online diharapkan dapat memaparkan data secara lengkap dan akurat. Kemudian, ide atau gagasan yang disampaikan hendaknya disampaikan secara runtut. Selanjutnya, dalam mengungkapkan simpulan hendaknya disampaikan dengan logis dan membangun. Ketika menjelaskan dan melatihkan materi atau konsep tentang argumentasi hendaknya guru bahasa Indonesia memperhatikan bagian-bagian penting dalam argumentasi, khususnya pada pengungkapan argumen hasil pemikiran penulis, argumen yang bersifat kronologis, dan argumen yang memiliki tujuan. Serta bagi peneliti agar lebih mengembangkan penelitian argumentasi dalam opini.