SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tahun Pelajaran 2016/2017

RAMADHAN SANDRO

Abstrak


ABSTRAK

Ramadhan, Sandro. 2017. Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Siti Ch. Hamidah, M.Pd.

Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Teks, Laporan Hasil Observasi.

Menulis adalah salah satu komponen keterampilan berbahasa dan bersastra, memiliki kedudukan yang strategis dalam pendidikan dan pengajaran. Salah satu ketrampilan menulis yang diajarkan di tingkat SMK adalah menulis laporan. Hasil observasi awal peneliti menunjukkan bahwa seluruh siswa kurang mampu menulis sebuah laporan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kesalahan berbahasa dalam penulisan masih sering dijumpai dalam hasil karya siswa. penyebabnya banyak siswa yang menganggap menulis itu sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja serta kapan saja, sehingga terkadang terjadi kekurangan pada hasil laporan yang dilihat dari segi struktur dan kesalahan ejaan dalam suatu penulisan sebuah bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks Laporan Hasil Observasi (LHO) Siswa kelas X SMK NU Sunan Ampel Tahun Pelajaran 2016/2017 berdasarkan struktur teks, isi teks Laporan Hasil Observasi, dan ciri kebahasaan teks.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 420 siswa yang tersebar dalam sembilan kelas. Penulis mengambil sampel 21 siswa dikarenakan jumlah siswa kelas X SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah 420 siswa yang terbagi dalam 12 kelas di 6 jurusan. Peneliti secara acak mengambil kelas X TPHP, sehingga pengambilan teknik sampel dilakukan dengan simple random sampling (acak sederhana). Data dalam penelitian ini adalah karya siswa yang dianalisis struktur teks laporan hasil observasi, kaidah penulisan seperti ciri bahasa dan ejaan dalam teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Untuk menarik kesimpulan penelitian, penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan menghitung, menjumlahkan dan mencari nilai rata-rata dari penilaian penulisan teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan aspek yang dianalisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks Laporan Hasil Observasi (LHO) Siswa kelas X SMK NU Sunan Ampel berdasarkan struktur teks yang terdiri dari definisi umum, uraian bagian, dan uraian manfaat  seluruhnya ada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 78,40. Sedangkan ditinjau dari isi teks LHO rata-ratanya 82,38 serta ditinjau dari ciri kebahasaan teks nilainya 60,71. Dari ketiga aspek yang dianalisis, ditemukan bahwa siswa sudah mampu menulis sesuai standar yang ditentukan meskipun ejaannya kurang sempurna.

Kesimpulan yang dapat diambil bahwa siswa masih belum memaksimalkan kemampuan menulis berdasarkan kaidah penulisan ejaan yang meliputi huruf dan tanda baca. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran menulis yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa, melakukan latihan penguatan ejaan dengan menggunakan KBBI dan PEYD serta menggunakan media pembelajaran yang efektif sehingga kemampuan siswa akan lebih baik dan meningkat.