SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Permainan Bahasa Komika Ridwan Remin dalam Acara Grand Final Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 7

Zuni Lilaifi

Abstrak


Latar belakang penelitian “Permainan Bahasa Komika Ridwan Remindalam Acara Grand Final Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 7” adalah penggunaan permainan bahasa oleh komika Ridwan Remin (RR) selaku juara SUCI 7. RR memiliki permainan bahasa dalam stand up comedy yang tidak terduga, cerdas, dan mengutamakan keresahan sebagian manusia, menurut dewan juri SUCI 7. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan orientasi teori pragmatik. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data yang kemudian ditranskrip dan dianalisis dengan mendeskripsikan temuan yang dihubungan dengan teori. Permainan bahasa dalam penelitian ini menggunakan data yang didapatkan dari penampilan komika RR.

Penelitian ini penting untuk diteliti karena mengandung permainan bahasa oleh komika sebagai sarana komunikasi mengenai keresahan sebagian manusia atau masyarakat. Permainan bahasa dalam penelitian ini merupakan penggunaan bahasa yang mengandung penyimpangan atau pelanggaran yang bersifat pragmatis. Permainan bahasa tersebut memiliki bentuk, fungsi, dan gaya berbahasa untuk mencapai tujuan. Bentuk permainan bahasa meliputi penyimpangan prinsip dalam penggunaan bahasa. Fungsi permainan bahasa meliputi fungsi dari bentuk penyimpangan tersebut. Gaya bahasa meliputi gaya dalam permainan bahasa untuk mengungkapkan makna tidak langsung. Hal tersebut pada Keraf (2004) teori tentang gaya bahasa berdasarkan makna tidak langsung.

Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan pada permainan bahasa yang diciptakan oleh komika RR. Permasalahan tersebut yaitu

1) apa saja bentuk permainan bahasa komika RR dalam acara grand final SUCI 7?

2) apa saja fungsi permainan bahasa komika RR dalam acara grand finalSUCI 7?

3) apa saja gaya berbahasa permainan bahasa komika RR dalam acara grand final SUCI 7?. Rumusan masalah tersebut juga menjadi fokus penelitian ini. Hal tersebut berkaitan dengan tujuan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan gaya berbahasa dalam permainan bahasa yang diciptakan oleh komika RR. Ketiga hal tersebut dianalisis berdasarkan data yang telah dikumpulkan dengan teknik dokumentasi.

 

Hasil penelitian tersebut dapat dilihat berdasarkan kesenjangan antara kenyataan dan teori. Berdasarkan ketiga permasalahan dapat dipaparkan secara singkat hasil analisis penlitian sebagai berikut: pertama, ditemukan bentuk permainan bahasa komika RR yaitu bentuk penggunaan bahasa yang mengandung penyimpangan prinsip yang bersifat pragmatis dengan dominasi maksim kesopanan. Kedua, bentuk permainan bahasa komika RR memiliki kaitan fungsi dari penggunaan bahasa dan penciptaan istilah dalam bahasa. Fungsi tersebut telah sesuai antara kenyataan dan teori Wijana (2004) bentuk  permainan bahasa mengandung fungsi humor dan kritiksosial. Hal tersebut juga membuktikan bahwa stand up comedy adalah salah satu media untuk mengkritik dengan pembawaan santai. Ketiga, gaya berbahasa dimanfaatkan oleh RR dalam permainan bahasa untuk mengungkap langsung dan tidaknya makna oleh RR. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penciptaan permainan bahasa RR melibatkan bentuk, fungsi, dan gaya permainan bahasa.