SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tindak Tutur dalam Menulis Surat Resmi Bahasa Jawa Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Malang

DWI LESTARI

Abstrak


Kata Kunci: jenis-jenis tindak tutur, fungsi tindak tutur, dan surat resmi.

Bahasa sebagai alat komunikasi digunakan oleh guru dan siswa untuk berinteraksi dalam proses belajar mengajar. Melalui kegiatan berkomunikasi setiap penutur hendak menyampaikan tujuan atau maksud tertentu kepada mitra tutur. Komunikasi yang terjdi harus berlangsung secara efektif dan efisien sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas oleh mitra tutur yang terlibat dalam proses komunikasi. Dengan demikian untuk mempermudah komunikasi, bahasa yang digunakan oleh penutur harus bahasa yang mudah dipahami oleh mitra tutur. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur, identifikasi fungsi tindak tutur dan identifikasi tindak tutur sesuai jenis model surat resmi bahasa Jawa karya siswa.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian ini adalah analisis jenis-jenis tindak tutur dan fungsi tindak tutur pada teks surat resmi bahasa Jawa. Jenis-jenis tindak tutur ada tiga, yaitu

(1) lokusi,

(2) ilokusi, dan

(3) perlokusi.

Tindak tutur ilokusi dibagi menjadi 5, yaitu

(1) asertif,

(2) direktif,

(3) komisif,

(4) ekspresif, dan

(5) deklaratif. Kemudian analisis fungsi tindak tutur ditemukan fungsi direktif meminta 10 surat, fungsi direktif memohon 13 surat, fungsi direktif menginstruksi 1 surat, fungsi mengajak 6 surat, dan fungsi mengharapkan 4 surat. Selain itu, fungsi ekspresif mengucapkan terima kasih 28 surat dan fungsi ekspresif memuji 2 sura. Kemudian tindak tutur sesuai jenis surat resmi bahasa Jawa, yaitu

(1) surat resmi berupa undangan,

(2) surat resmi berupa permohonan, dan

(3) surat resmi berupa pemberitahuan.

Penelitian ini menggunakan tiga tahap analisis data, yaitu

(1) identifikasi data,

(2) pemyajian data, dan

(3) penyimpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis tindak tutur pada model teks surat resmi bahasa Jawa karya siswa ditemukan 34 surat termasuk tindak tutur direktif dan 31 surat termasuk tindak tutur ekspresif. Kemudian ditemukan 23 surat termasuk model surat resmi berupa undangan, 2 surat termasuk model surat resmi berupa permohonan, dan 9 model surat resmi berupa pemberitahuan.

 

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa sudah mampu menulis model teks surat resmi bahasa Jawa dengan menggunakan tindak tutur dan sesuai dengan jenis surat resmi. Maka dari itu, guru diharapkan memberikan materi dan sumber belajar yang lebih banyak lagi dan beragam.