SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKS BIOGRAFI BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA/SMK

Purwati Eliana Destri

Abstrak


RINGKASAN

Purwati, Eliana Destri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teks Biografi Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas X SMA/MA/SMK. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Kusubakti Andajani, M. Pd.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, teks biografi, muatan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013

Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif teks biografi bermuatan pendidikan karakter untuk siswa kelas X SMA/MA/SMK. Media pembelajaran ini disesuaikan dengan pembelajaran Kurikulum 2013. Pada pembelajaran Kurikulum 2013, hal yang harus diperkuat yaitu penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa. Hal ini juga tertuang pada Perpres nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter atau disingkat dengan PPK. Selain itu, PPK juga diatur dalam Permendikbud nomor 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal. Pada Perpres nomor 87 tahun 2017 pasal 3 ayat 1, disebutkan bahwa PPK dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis,  rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Berdasarkan nilai-nilai yang harus ditanamkan pada siswa, yaitu nilai pendidikan karakter, maka salah satu yang dapat diterapkan yaitu melalui teks biografi.

Spesifikasi produk yang dihasilkan ini meliputi

(1) isi,

(2) sistematika penyajian,

(3) bahasa, dan

(4) tampilan. Berdasarkan isi, ada dua kompetensi dasar yang digunakan, yaitu kompetensi dasar 3.14 menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi dan kompetensi dasar 4.14 mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. Media pembelajaran ini juga disesuaikan dengan buku siswa Bahasa Indonesia kelas X edisi revisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2016. Berdasarkan sistematika penyajian, media pembelajaran ini terdiri dari lima bagian, yaitu

(1) beranda,

(2) kompetensi,

(3) pemahaman konsep,

(4) latihan, dan

(5) profil pengembang.

Pada media pembelajaran ini, bahasa yang digunakan yaitu

(1) menggunakan bahasa baku, artinya bahasa yang digunakan tidak menimbulkan kebingungan dan menggunakan struktur kalimat yang sederhana sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI),

(2) bersifat komunikatif atau mudah dipahami dengan menggunakan bahasa yang sederhana, singkat, dan jelas. Tampilan pada media pembelajaran ini dibuat menggunakan adobe flash professional CS 6. Warna tampilan yang digunakan pada media pembelajaran ini didominasi warna biru, hijau, putih, dan merah. Warna-warna tersebut dipilih agar menambah semangat siswa untuk belajar. Gambar-gambar yang digunakan juga disesuaikan dengan materi yang dibahas yaitu teks biografi, sehingga digunakan gambar-gambar tokoh untuk mendukung materi yang dibahas. Jenis huruf yang digunakan juga bervariasi, yaitu Segoi UI (regular, light, bold, black, semibold, italic, semibold italic), Tw Cen MT Condensed (extra bold), Arial Rounded MT (bold), Hobo Std, Calibri (bold), dan Berlin Sans FB Demi.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang diaptasi dari metode Interactive Multimedia (IMM) yang dikemukakan oleh Rob Philips (dalam Kustandi, 2011). Model IMM ini memiliki empat tahapan, yaitu

(1) design,

(2) development,

(3) evaluation, dan

(4) implementation. Pada tahap evaluasi dilakukan uji validasi produk. Uji validasi produk ini dilakukan dengan ahli media, ahli materi, praktisi, dan uji coba lapangan yang dilakukan pada siswa kelas X Farmasi SMK Kesehatan Amanah Husada. Jenis data yang diperoleh dari uji validasi produk berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa data verbal yang diperoleh dari komentar dan saran yang dituliskan pada lembar angket oleh ahli materi, ahli media, ahli praktisi, dan siswa pada saat uji validasi produk. Sedangkan data kuantitatif berupa skor, yaitu skor rata-rata pada lembar angket penilaian yang didapatkan dari ahli materi, ahli media, ahli praktisi, dan siswa pada saat uji validasi.

Berdasarkan hasil uji validasi produk, diperoleh data sebagai berikut. Hasil uji media diperoleh persentase seluruh komponen mencapai 92,3% dengan kualifikasi layak untuk diimplementasikan. Hasil uji materi diperoleh persentase seluruh komponen mencapai 95,59% dengan kualifikasi layak untuk diimplementasikan. Hasil uji praktisi diperoleh persentase seluruh komponen mencapai 95% dengan kualifikasi layak untuk diimplementasikan. Hasil uji coba lapangan terhadap siswa diperoleh persentase seluruh komponen mencapai 88,71% dengan kualifikasi layak untuk diimplementasikan.

Saran yang diberikan terhadap peneliti dan pengembang selanjutnya yaitu

(1) mengembangkan media pembelajaran yang lebih unik, kreatif, dan inovatif untuk menumbuhkan minat siswa dalam belajar,

(2) memperhatikan karakteristik siswa dalam mengembangkan produk,

(3) menggunakan bahasa yang komunikatif atau mudah dipahami dengan menggunakan bahasa yang sederhana, singkat, dan jelas,

(4) memperhatikan tampilan untuk menarik minat dan memotivasi siswa untuk belajar.